Regular Meeting Kelompok Kerja CSE

IMG_0128

Regular meeting kelompok kerja (pokja) CSE (Comprehensif Sexuality Education) yang dilaksanakan 21 Maret 2013 merupakan regular meeting pertama di tahun 2013. Dihadiri oleh hampir seluruh anggota kelompok kerja CSE yang terdiri dari ketua komite Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Denpasar, ketua forum guru pembina KSPAN kota Denpasar, Perwakilan KB dan PP Kota Denpasar, Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dan Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar.

Agenda regular meeting pokja CSE ini ialah pemaparan laporan kegiatan KISARA ditahun 2012 yaitu mengenai kegiatan Teachers Training on CSE dan Training Peer Educators. Selain pemaparan kegiatan tahun 2012, regular meeting ini juga membahas mengenai implementasi CSE akan seperti apa nantinya, serta membas mengenai tugas yang akan dilaksanakan oleh masing-masing kelompok kerja CSE ini.

IMG_0125

Dalam pembahasan mengenai implementasi CSE, terdapat beberapa kesepakatan dari kelompok kerja CSE ini, yaitu:

Pertama, mengenai ketidak merataan ektrakulikuler yang mengangkat isu yang hampir sama sehingga perlu terlebih dahulu menyelaraskan ektrakulikuler yang ada disekolah.

Kedua, bila CSE tidak memungkinkan masuk kedalam kurikulum, paling tidak CSE dapat disisipkan diberbagai mata pelajaran, seperti mata pelajaran sosiologi dan bahasa Indonesia (dengan catatan pihak KISARA juga perlu membuat pelatihan untuk guru bersangkutan).

Ketiga, mengenai workshop untuk orang tua.

Selain itu, RM Pokja CSE kali ini juga membahas mengenai penguatan fungsi kerja pengurus pokja CSE, karena menurut KISARA sangat penting sekali jika setiap kepengurusan terdapat fungsi dan wewenang yang jelas sehingga pokja CSE ini dapat berjalan dengan baik sampai kedepannya nanti.

 

Oleh: Luh Putu Ari Dewiyanti/KISARA
Foto: Nindi

Pin It

Leave a Reply