Workshop, Regular Meeting, Orientation | CSE Task Force

Denpasar – Selasa, 25 september 2012 kemarin KISARA telah melakukan kegiatan yang melibatkan para pemangku kebijakan diberbagai instansi . Kegiatan ini adalah Workshop CSE Task Force, Reguler Meeting For CSE Task Force, Orientation for CSE Task Force. Kegiatan ini hadiri oleh Ketua Komite SMAN 8 Denpasar, Wakasek Kurikulum SMA Saraswati 1 Denpasar, Perwakilan Siswa SMA Saraswati 1 Denpasar, perwakilan dari Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Denpasar, perwakilan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, perwakilan Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar, perwakilan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, perwakilan Tabloid IMOB Educare.

Pada dasarnya kegiatan ini mempunyai beberapa tujuan, pertama untuk mensosialisasikan program CSE (Comprehensif Sexual Education) yang akan dilaksanakan di 2 pilot project yaitu di SMAN 8 Denpasar dan SMA Saraswati 1 Denpasar sampai desember 2014. Tujuan kedua ialah untuk membentuk kelompok kerja (Pokja) CSE. Disini KISARA dan beberapa instansi terkait membuat secara structural kepengurusan dalam kelompok kerja (Pokja) CSE  serta didalamnya terdapat tugas dan wewenang dari kelompok kerja (Pokja) tersebut. Yang ketiga ialah untuk mendiskusikan sinergisasi program kesehatan reproduksi remaja di sekolah yang akan menjadi pilot project.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dan pengantar langsung dari Dirpelda PKBI Bali dan Kordinator KISARA PKBI Bali, setelah itu dilanjutkan dengan menyaksikan film pendek yang berjudul Girls Decide yang bertujuan untuk menggali persepsi dari masing masing instansi mengenai film tersebut sekaligus agar dapat menyamakan persepsi dari situasi cerita tersebut. Usai pemutaran film Girls Decide dilanjutkan dengan sosialisasi CSE. Perwakilan dari instansi yang diundang diberikan gambaran umum mengenai apakah CSE itu sebenarnya dan akan seperti apa program CSE disekolah nanti, selain itu juga dalam sosialisasi CSE dibahas pula mengenai sinergisasi untuk setiap program yang sudah ada disekolah terkait kesehatan seksual dan reproduksi remaja.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut (RTL). RTL ini disusun untuk membentuk ketua, wakil , sekretaris, serta kepala di 3 bidang yang ada dari kelompok kerja CSE ini. Pada RTL ini dibahas pula mengenai tugas dan wewenang dari kepengurusan kelompok kerja CSE. KISARA berharap, kelompok kerja CSE yang dibentuk dapat mendukung  segala kegiatan KISARA khususnya program CSE di 2 sekolah yaitu SMAN 8 Denpasar dan SMA Saraswati 1 Denpasar.

Pin It

Leave a Reply