Seputar Menstruasi

Apakah hal yang paling heboh yang menandai masa puber kaum CEWEK ??

Pasti kamu bakal jawab Mesntruasi alias Haid, dan kamu nggak salah deh.

Coba simak pengalaman FIRA tentang mensnya yang pertama :

“Aku dapat mens pertama pas umur sebelas tahun, aku takut sekali soalnya kirain itu karena luka. Tapi setelah nanya mama. Aku baru tahu kalau itu darah mens, terus aku disuruh hati – hati kalau gaul ama cowok. Kata mama kalau nggak hati – hati nanti bisa HAMIL. Iiiihh ngeri deh..

 

Haid pertama kali (menarche) biasanya dialami sekitar usia 13 tahun.

Koq Fira lebih awal????

ngga kenapa, itu normal koq. Tercatat usia termuda terjadinya menarche adalah 9 tahun, sedangkan usia tertuanya 17 tahun. Coba deh tanya mama atau nenek kamu, sama nggak dengan pengalamanmu?

 

Semakin hari, usia rata – rata menarche memang semakin dini, keadaaan gizi yang semakin baik mempercepat kesiapan tubuh untuk mulai mens. Selain itu info  tentang seks yang makin mudah didapat  juga memicu otak untuk segera mengaktifkan hormon seksual. Nah… kalau ada diantara kamu belum mengalami haid setelah usia 17 tahun, segeralah periksa ke dokter. Bisa jadi ada gangguan pada fungsi berketerunan (reproduksi)

 

Sebenarnya apa sih yang terjadi ?

Sejak masa pubertas, hormon – hormon seksual kita mulai aktif mengatur fungsi reproduksi kita, jadi semua prosesnya udah mulai berjalan. salah satunya berupa haid ini.

yang ikut serta “kerja bakti” dalam soal haid adalah indung telur, sel telur, dan endometrium (dinding lahir terluar)

 

Mungkin kamu udah ngerti bahwa sel telur adalah sel kelamin pada wanita. Kalo sel telur ketemu sel sperma (sel kelamin dari cowok), maka ia bisa berkembang menjadi bayi. Ketemunya sel telur dengan sel sperma ini disebut pembuahan.

 

Sel telur ini disimpan di indung telur sejak kita masih berupa janin. Sejak pubertas, indung telur akan melepaskan sel telur sebulan sekali. Nggak obral, Cuma satu aja sel telur yang dimatangkan, terus pas saatnya dikeluarkan lewat saluran telur. Disinilah sel telur menunggu “pangeran sperma” dateng untuk membuahinya.

Endometrium adalah lapisan penuh berisi darah, tempat tertanamnya hasil pembuahan agar bisa berkembang menjadi janin, secara berkala, endometrium mengalami penebalan buat persiapan bila ada pembuahan. Kalau yang ditunggu ini nggak muncul, maka lapisan itu akan luruh. Inilah yang disebut dengan MENSTRUASI. Biasanya, berlangsung sekitar 2-8 hari.

 

Trus gimana dengan rasa nyeri yang terjadi saat menjelang MENS ?

Banyak cewek (nggak semua lho…) yang mengalami nyeri sebelum mens, ada yang pusing, mual-mual, pegal-pegal, sakit perut, bahkan ada pula yang sampai pingsan! Wah … kasihan ya …

Kalo sakitnya bisa ditahan, masih bisa disebut normal, itu akibat kontraksi dinding rahim dalam rangka merontokkan endometrium. Nah kalau pake acara pingsan atau ngalamin sakit yang luar biasa yang mengganggu aktifitasmu, kamu perlu periksa ke dokter karena gaya menstruasi yang beginian bisa berbahaya kalau dibiarin terus.

 

Gangguan Emosi

Selain nyeri fisik, banyak juga remaja yang mengalami gangguan emosi seperti mudah tersinggung, males-malesan, sedih tanpa ada sebab yang pasti. Para ahli mengatakan bahwa ini terjadi akibat perubahan keseimbangan hormon-hormon seksual pada saat menstruasi. Plus secara logis, apabila kita ngalamin gangguan fisik seperti yang telah disebutkan di atas maka emosinya pun bisa terpengaruh, ya nggak ?

 

Eh, trus apa yang dimaksud dengan “ Siklus Menstruasi”?

Siklus menstruasi adalah waktu yang dihitung sejak Hari Pertama Menstruasi (HPM) sampai datang hari pertama menstruasi periode berikutnya. Panjang beda-beda antar orang, antara 20 hari sampai 35 hari. kalo rata-ratanya sih 28 hari. Sebaiknya kamu mencatat siklus mensmu, Sebab dari sana, kamu bisa ngerti apakah siklusmu menetap ataukah ada perbedaaan yang mencolok secara terus menerus.

Misalnya, dari 23 hari menjadi 38 hari, terus berubah lagi menjadi 22 hari, 45 hari dan seterusnya. Kalau begini, lebih baik segera diperiksakan, sebab mungkin aja ada kelainan pada organ reproduksimu.

 

Apa sih yang bikin siklus menstruasi jadi nggak teratur ?

Sebenarnya tiap cewek ngalamin ketidakteraturan menstruasi, yaitu siklusnya maju mundur beberapa hari. Saat ini memang nggak ada cewek yang siklusnya tetap. Soalnya mens juga dipengaruhi sama kondisi fisik dan psikismu. Tapi ini juga normal kok!

Apalagi pas remaja, dimana hormon-hormon seksual kamu belum stabil. Semakin dewasa, siklusmu akan semakin teratur walaupun tetap aja bisa maju atau mundur beberapa hari karena faktor stress dan kelelahan itu tadi.

 

Bersih dan sehat saat “M”, perlu nggak?
Tipsnya apa aja sih?

Tentu dong !!! Yang perlu kamu perhatiin adalah :

  • Pilihlah pembalut yang cocok, yang mampu menyerap sebanyak darah yang biasanya keluar.
  • Sering-seringlah mengganti pembalut minimal 2 kali sehari, yang paling baik adalah menggantinya sebanyak 4 kali sehari

Ini untuk menghindari pembusukan dan berkembangnya jamur yang bisa menimbulkan keputihan.

 

Keputihan

Tandanya apa? Dari vagina keluar lendir berwarna putih kecoklatan, berbau busuk dan disertai rasa gatal disekitar vagina. Kalau begini, segeralah diobati dengan meminta pertolongan dokter. Selain itu, bersihkan dengan air hangat dari arah depan ke belakang (searah). nggak perlu pakai anti septik, karena berisiko rusaknya selaput lendir di dalam vagina.

Buat menjaga stamina dan penampilan, paling afdol ya makan sayuran dan buah-buahan. trus, kurangi makan sayuran dan buah-buahan. trus, kurangi makanan bergaram, gula, minuman berkafein, dan minum soda (untuk mengurangi nyeri pada perut dan kembung).

Selain soal gizi, olah tubuh juga dapat  mengurangi gangguan fisik pada saat mens, karena itu lakukanlah senam atau aktivitas yang ringan dan rileks, asalkan bisa membuat peregangan otot-otot tubuh.

 

Haid Tanda Mampu Melahirkan Bayi

Perlu untuk diingat …! Haid menandakan tubuh kita sudah mampu untuk melahirkan bayi.

Jangan sampai haid terhenti saat kita belum siap …

Pertanyaanya : gimana dengan jiwa kita ?

Sudah siapkah kita ?
Kalo belum, berarti perlu donk kita lebih menjaga diri, mengatur perilaku, terutama perilaku seks kita. Jangan sampai haid kita terhenti begitu saja di saat kita belum siap.

Okay …! 😉

 

 

Pin It

Leave a Reply