Regular Meeting CSE Task Force ke-2

Tanggal 25 Oktober 2012 lalu bertempat di kantor Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Bali dilaksanakan kegiatan Regular Meeting Comprehensif Sexual Education (CSE) Task Force kedua. Kegiatan ini mengundang ke 10 orang pemegang kebijakan yang terikat dalam kelompok kerja CSE. Pada regular meeting kali ini ketua dari kelompok kerja CSE berhalangan hadir namun ini tidak mengurangi makna dari adanya regular meeting ini.

Regular meeting kedua bersama kelompok kerja CSE ini membahas gaya pacaran para remaja. Ketika diskusi berlangsung banyak sekali pendapat dari peserta regular meeting yang menarik untuk dibahas, yaitu pendapat dari peserta regular meeting yang mengatakan bahwa “Jaman sekarang bukan cowok aja yang ngejar cewek, tapi sekarang cewekpun suka ngejar cowok duluan terbukti sampai anak saya cowok kebingungan cara menghindari dari cewek yang ngejar ngejar dia, kalau saya liat waktu jaman saya dulu liat jemuran baju si dia aja sudah senang”, sontak peserta regular meeting kelompok kerja CSE tertawa dan mengiyakan mengenai kenyataaan atas pendapat dari salah satu peserta.

Selain membahas mengenai gaya pacaran remaja yang cukup memancing banyak pendapat dari peserta, pada regular meeting kali ini juga pihak KISARA dan kelompok kerja CSE membahas mengenai rencana penguatan forum guru, karena kebetulan salah satu dari anggota kelompok kerja CSE tersebut adalah ketua forum guru pembina Kelompok Siswa Peduli Aids dan Narkoba (KSPAN) kota Denpasar. Selain membicarakan mengenai hasil jawaban dari peserta 10 besar, terdapat pula rencana penguatan forum guru untuk bulan depan. Penguatan forum guru tersebut selain melibatkan guru – guru di 2 sekolah, program rencananya akan melibatkan pula guru-guru yang memang sudah masuk dalam forum guru pembina KSPAN.

Pada regular meeting ini juga pihak KISARA banyak menggali informasi mengenai jadwal pengajaran efektif untuk mencari waktu luang agar bisa mengunjungi sekolah di 2 pilot program yakni SMAN 8 Denpasar dan SMA 1 Saraswati. Rencana tindak lanjut dalam regular meeting kelompok kerja CSE ini ialah akan melakukan insersi CSE di sekolah, dan untuk pertemuan regular meeting selanjutnya peserta telah sepakat akan membahas kasus mengenai pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi di sekolah.

Pin It

Leave a Reply