KEPUTIHAN

Apa sih keputihan ?

Keluarnya cairan dari vagina (selain darah haid), berwarna bening dan tidak berbau, berfungsi untuk mencegah vagina dari kekeringan infeksi.

Sebenarnya keputiha terjadi secara alamiah, setiap bagian tubuh yang secara alamiah, setiap bagian tubuh yang berongga dan berhubungan dengan dunia luar akan mengeluarkan semacam getah atau lender. Nah begitu juga dengan saluaran kelamin cewek (vagina)

Apa sih jenis – jenis keputihan ?

Banyaknya keputihan yang keluar bervariasi. Keputihan itu ada yang normal dan gak normal.

Keputihan normal dipengaruhi oleh siklus haid/ hormonal , dalam keadaan terangsang, mengalami ketegangan atau kelelahan aktivitas seksual.

Keputihan tidak normal, bila jumlahnya banyak ( tidak seperti keadaan normal), berwarna putih seperti susu , kuning kehijauan , berbau amis , busuk , disertai rasa gatal, dan kadang – kadang menimbulkan rasa tidak nyaman (nyeri) didaerah perut bawah, ini bisa merupakan gejala infeksi.

Tapi jangan panik, efeksi in biasanya terjadi dan bisa diobati dengan mudah. Segeralah minta pertolongan dokter.

Apa sih penyebab keputihan tidak normal ?

Penyebabnya antara lain : infeksi bakteri , jamur, parasit. Untuk memastikan penyebab dari keputihan perlu dilakukan pemeriksaan. Jangan malu dan ragu untuk konsultasi kedokter terdekat atau ke YC – PKBI. PKPR dan PIK – KRR agar diketahui obata yang tepat.

Tips yang bisa dilakukan untuk mencegah keputihan tidak normal ?

  • Basuhlah vagina dengan air hangat dan sabun ringan saja , dari arah depan kebelakang. Jangan membasuh vagina dengan sembarangan cairan seperti odol , jahe, cuka, air soda, jamu – jamuan karena dapat mengubah keasaman vagina dan merusak keseimbangan kuman – kuman dalam vagina.
  • Gunakan obat hanya bila diberikan oleh petugas kesehatan
  • Hindari penggunaan sabun terlalu wangi dan obat semprot pewangi vagina, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit didaerah vagina dan membuat lebih mudah terinfeksi.
  • Gunakan celana dalam yang bersih, kering dan telah disetrika. Serta terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat. Gunakan celana panjang yang tidak sempit.
  • Seringlah mengganti pembalut wanita saat sedang menstruasi.
  • Merawat alat kelamin dengan baik dan benar.

 

Sumber ilustrasi: www.google.com

Pin It

Leave a Reply