Kreativitas Remaja Kreatif : Perayaan International Youth Day 2014

Tanggal 12 Agustus menjadi hari spesial bagi remaja di seluruh dunia. KISARA sebagai organisasi remaja yang selalu meremaja juga ikut melakukan berbagai kegiatan untuk hari spesial tersebut. Hari spesial yang dikenal dengan Hari Remaja Internasional atau International Youth Day (IYD) diperingati oleh KISARA dengan empat rangkaian kegiatan yaitu aksi turun ke jalan, lomba film pendek KISARA 2014, bioskop remaja, dan drama musikal. Secara keseluruhan perayaan ini mengambil tema “Youth and Mental Health” dengan Slogan ‘Mental Health Matters’ yang merupakan tema Internasional.

Bioskop remaja 2

Tema tersebut diambil berkaitan dengan stigma dan diskriminasi kondisi kesehatan mental remaja sehingga mereka yang mungkin saja sangat kreatif merasa rasa malu untuk memperlihatkan kemampuan mereka. Perayaan ini menjadi salah satu wadah untuk kampanye agar remaja dengan kondisi kesehatan mental tetap dapat hidup tanpa mengalami stigma dan diskriminasi layaknya orang lain. Lebih lanjut mereka dapat mencari  layanan dan dukungan yang mereka butuhkan, serta memperlihatkan dan mengembangkan kreatifitas yang mereka miliki.

KISARA sendiri melakukan kampanye dengan empat rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari berbeda sepanjang bulan Agustus 2014. Kegiatan yang pertama merupakan kegiatan sebagai bentuk solidaritas terhadap remaja sehingga melibatkan banyak pihak seperti relawan KISARA PKBI Bali dan juga PIK Yowana Bhakti.Kegiatan yang dimulai pada pukul 16.00 dan berakhir pukul 17.00 WITA ini, KISARA beri nama aksi turun ke jalan yang diisi dengan membagikan pita berwarna hijau dan stiker kepada pengguna jalan. Kegiatan ini dilaksanakan tepat pada tanggal 12 Agustus ini mendapatkan antusiasme dari peserta maupun pengguna jalan.

Masih di Bulan yang sama, pada hari Minggu, 24 Agustus 2014 dilaksanakan pemutaran film yang  ditonton oleh ratusan remaja sahabat KISARA. Kegiatan ini KISARA sebut dengan BIOSKOP REMAJA KISARA. Bioskop remaja KISARA menampilkan film hasil dari lomba film pendek KISARA 2014 yang diselenggarakan dari tanggal 15 Juni 2014 hingga 17 Agustus 2014. Dua kegiatan yang dibuka untuk pelajar dan umum berusia dari 10 – 24 tahun ini bertujuan mengapresiasi kreatifitas remaja yang dituangkan dalam bentuk film pendek yang nantinya akan menjadi media edukasi untuk remaja lainnya. Jadi film pendek ini dari remaja, oleh remaja, dan untuk remaja (selengkapnya Lomba Film Pendek 2014).

Bioskop remaja 3 Bioskop remaja

Pada hari itu, ratusan orang remaja sahabat KISARA yang ada di sekolah, universitas, dan komunitas-komunitas remaja memadati gedung aula PKBI Daerah Bali untuk menonton karya kreatif para remaja dan juga untuk mendukung salah satu dari keenam besar film pendek yang dilombakan untuk menjadi juara favorit. Keenam besar film pendek diputar pada Bioskop Remaja 2014 yang bekerja sama dengan Jalan Remaja 1208, Yayasan Kampung Halaman Yogyakarta. Lucu, seru, dan mengharukan bercampur jadi satu saat remaja-remaja yang hadir menonton video-video Jalan Remaja 1208 dan Film Pendek KISARA 2014.  Inspiratif, kreatif dan entertaining  mungkin menjadi kata yang tepat digunakan untuk menggambarkan acara yang diakhiri dengan mengumumkan pemenang dari Lomba Film Pendek KISARA 2014 oleh salah satu dewan juri ini.

Bioskop Remaja kali ini tidak jauh berbeda dari Bioskop Remaja yang KISARA selenggarakan di tahun sebelumnya. Mulai dari persiapannnya, kegiatannya, serta kecerian para remaja yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan ini. Kenapa tahunan? Karena hampir 3 tahun belakangan ini KISARA bekerjasama dengan Yayasan Kampung Halaman Yogyakarta mengapresiasi karya para remaja dalam bentuk video yang dikemas dalam bentuk DVD kompilasi video Jalan Remaja 1208.

Walaupun memang tidak jauh berbeda dengan kegiatan di tahun sebelumnya, tapi kali ini KISARA tidak hanya menjadi Sahabat Pemutaran, tapi juga ikut berpartisipasi menjadi Sahabat Produksi. Awalnya memang ragu video apa yang akan dibuat, karena konsep video belum terpikirkan sama sekali. Tapi setelah melihat kriteria video dan tema yang diangkat tahun ini, KISARA sepakat untuk menggunakan salah satu program edukasi KISARA sebagai video “Aksi Asik” Jalan Remaja 1208 tahun ini. Senang sekali rasanya karena video yang kami buat menjadi salah 1 video aksi dari 10 video yang inspiratif, sehingga KISARA memutuskan untuk memutar video tersebut saat Bioskop Remaja 2014 (Sekaa Taruna Juga Harus Tau Pencegahan IMS).

Comdig

Satu video sudah kami pilih untuk diputar pada Bioskop Remaja 2014 ini. Masih ada banyak lagi video yang harus KISARA pilih untuk diputar pada Bioskop Remaja. Awalnya KISARA ingin memutar keseluruhan isi DVD pada Bioskop Remaja, tapi karena keterbatasan waktu, KISARA akhirnya memilih beberapa video yang cukup menginspirasi anak muda dari keseluruhan video yang juga sangat inspiratif.

Bersamaan dengan berakhirnya bulan Agustus, berakhir pula serangkaian perayaan IYD 2014 KISARA PKBI Bali. Serangkaian perayaan IYD ini ditutup dengan persembahan Drama Musikal “UNDERCOVER” berjudul tiang. Drama yang digagas oleh KISARA, Yayasan Kasih Peduli Anak (YKPA), SMA Negeri 1 Kuta Utara, GAYa Dewata, dan Pelangi Muda Dewata ini dibuat untuk memberikan informasi, namun dengan cara yang unik, menghibur, namun tetap bermakna. Selain itu, dari hasil penjualan tiket diharapkan dapat membantu anak-anak YKPA untuk mendapatkan pendidikan lebih baik.

Drama musikal yang diawali dengan lip sync oleh Ayubie Tsunami, Serabutan, Vika Galabi dan Special Acting dari Angelica Ray ini, dipadukan juga dengan dance dari SDA Dancer dan games. Jadi tidak heran jika acara ini mendapatkan antusiasme besar dari masyarakat yang terlihat dari terjualnya 400 tiket. Riang gembira terpancar dari kru yang terdiri dari Putrie Lie dan Tommy Yang (choreographer & director), Tjok Aga (penulis naskah), artis dan kru lainnya dengan suksesnya kerja keras mereka selama 3 bulan. Berakhirnya drama dengan sesi testimoni perwakilan komunitas, ini menandakan berhasilnya kru drama mengatasi tantangan dan hambatan yang ada selama latihan dengan semangat dan usaha keras.zen

 

By : Ery dan Dodok

 

 

Pin It

Leave a Reply