Berbagi Kebahagiaan Bertopik Kekerasan Seksual

Ari Kurnia

Denpasar, 14 Mei 2014 —- Sebagai kita ketahui, belakangan kasus kekerasan seksual sedang disoroti oleh media. Masih ingat tentang kasus kekerasan seksual yang terjadi di TK JIS Jakarta atau kasus ‘predator seksual’ Emon? Ya, Kekerasan Seksual ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, bahkan anak-anak sekalipun berisiko mengalami kekerasan seksual. Semua golongan baik muda tua, laki-laki perempuan semua memiliki risiko menjadi korban kekerasan seksual ataupun pelecehan seksual.

Salah satu yang rentan mengalami Kekerasan Seksual adalah teman-teman penyandang disabilitas sehingga dianggap perlu untuk mendapatkan informasi seputar Kesehatan Reproduksi, khususnya terkait isu-isu kekerasan seksual. Untuk menunjukkan kepedulian KISARA pada kasus tersebut, tercetuslah ide kegiatan community dialogue dengan teman-teman disabilitas.

10311000_667207373350369_4201271438655252009_n

Kegiatan berupa sharing pendapat dan pengalaman dengan topik bahasa “Kekerasan seksual” ini mendapatkan antusiasme luar biasa dari peserta. Antusias peserta terlihat dari keseriusan mereka untuk mendengarkan penjelasan. Selain itu, semua peserta memiliki kesempatan untuk sharing pengalaman atau informasi yang diketahui terkait kasus kekerasan seksual. Peserta kegiatan juga dapat bertanya atau memberikan tanggapan terhadap kasus yang dipaparkan peserta lain.Dalam kegiatan ini pula disampaikan tips dan trick, bagaimana cara menghindari tindakan Kekerasan Seksual. Setiap peserta juga mengutarakan pendapatnya masing-masing mengenai cara-cara yang dilakukan agar tidak menjadi korban Kekerasan Seksual.

Kegiatan kali ini terasa berbeda dan sangat spesial. Mengapa begitu? Karena kegiatan dengan teman-teman remaja di Panti Guna Dria Raba Denpasar ini, dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi KISARA ke-20. Ulang tahun KISARA hari ini (14/05/2014), sangat kental dengan keceriaan walaupun dirayakan secara sederhana. Kesederhanaan perayaan ulang tahun kali ini tidak mengubah esensi dan kebahagiaan relawan KISARA karena kado spesial untuk KISARA dipersembahkan oleh teman-teman Panti yang beralamat di Jalan Serma Gede no. 11 Denpasar. Kado berupa dua buah lagu diiringi petikan gitar dan suara merdu teman-teman dari panti tuna netra (dan low vision) ini menjadi penutup kegiatan dialogue community. Tidak lupa, doa-doa dan harapan agar berkembang menuju kearah yang lebih baik lagi, serta mampu memenuhi kebutuhan remaja kedepannya diberikan kepada KISARA. Sementara puncak perayaan Ulang Tahun KISARA diadakan tanggal 18 Mei 2014, bertempat di Gedung PKBI Bali.zen. 

1619362_667207296683710_499440703410049912_n

Pin It

Leave a Reply