3 o’clock class: Parafilia

Denpasar – 3 o’clock class (3oc) merupakan salah satu program rutin dari PO Conseling Resource and Maintenance. Topik setiap 3oc dipilih berdasarkan poling pilihan terbanyak dari para relawan, dan topik 3oc kali ini (15 april 2012) adalah Parafilia. Pematerinya adalah dokter Oka Negara.

Menurut beliau “tidak penting untuk mengetahui parafilia, yang terpenting adalah bagaimana kita dapat memposisikan diri kita dan bertindak ketika kita berhadapan dengan parafilia“.

Beberapa orang mengatakan Parafilia merupakan Penyimpangan Seksual. Kata menyimpang berarti mempunyai konstruksi yang berbeda dan siap menerima resiko. Penyimpangan dapat dikatakan apabila ada pada tempat yang salah/buruk. Parafilia berasal dari banyak kata yaitu ”feel = perasaan”, “filia = ketertarikan”, “fitos = ketertarikan (berasal dari bahasa percintaan)”. Parafilia adalah berbagai macam kisah ketertarikan yang tidak biasa.

Banyak hal yang dibahas oleh dokter Oka sebelum menginjak kepada topik Parafilia, salah satunya adalah pemahaman mengenai Sex/Seks. Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya arti kata sex memiliki banyak konstruksi, diantaranya:

1. Reproduksi
Konstruksi seks untuk reproduksi adalah untuk memperoleh keturunan, sehingga dalam hal ini memunculkan program KB (Keluarga Berencana) dengan alat kontrasepsi yang memunculkan reproduksi seksual.

2. Rekreasi
Seks sebagai rekreasi adalah seks yang digunakan untuk kepuasan/rasa senang. Dalam hal ini, seks dapat membuat usia manusia lebih panjang. Dimana adanya endorphin yang terletak di otak mengeluarkan nitrit okxite yang diedarkan melaui pembuluh darah yang menyebabkan manusia memiliki usia panjang. Disarankan hubungan seksual dilakukan setiap 72 jam/ 3 hari sekali.

3. Institusi
Melibatkan persyaratan tertentu. Misalnya sudah menikah. Pasangan yang melakukan hubungan seksual adalah pasangan yang sudah terikat status yang resmi.

4. Relasi
Seks dilakukan berdasarkan kedekatan seseorang tanpa adanya status yang mengikat pasti. Dalam hal ini orang yang melakukan hubungan seksual hanya memiliki kedekatan tanpa adanya status yang mengikat.

5. Bisnis/komersial
Seks yang dilakukan untuk mendapatkan/memperoleh  uang. Dilakukan hanya untuk pekerjaan tanpa memikirkan kesenangan dari pemberi seks.

Pada intinya Parafilia sangat erat kaitannya dengan perilaku seksual. Seperti arti dari kata Parafilia (feel) yang berarti perasaan atau tindakan yang dilakukan bukan karena suatu alasan, melainkan suatu perasaan yang dirasakan oleh seseorang. Banyak anggapan hal ini berdasarkan normal atu tidak normalnya seseorang. Sesungguhnya konstruksi seksual yang berkaitan dengan parafilia terdiri dari normal, wajar, sehat, aman, terproteksi, dan tidak beresiko. Ada beberapa pendorong terjadinya parafilia, yaitu faktor eksternal dan internal. Salah satu contoh faktor eksternalnya adalah terpengaruh dengan lingkungan pergaulan, dan salah stu contoh faktor internalnya adalah pola asuh dan juga dari bawaan/genetik.

Apa yang sebaiknya dilakukan apabila melihat atau mengenal seseorang yang Parafilia ?

Ketika Parafilia tersebut tidak bertentangan dengan hukum, pahami, dampingi, hargai, dan jangan dikucilkan.

 

(ERNI/KISARA)

Pin It

Leave a Reply