Layanan IMS yang Ramah, Non Diskriminatif, dan Tanpa Biaya

Sexual transmitted infections (STI) atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan Infeksi Menular Seksual (IMS) atau juga sering disebut Infeksi Saluran Reproduksi (ISR) adalah keadaan sakit yang yang didapatkan melalui hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi sebelumnya. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang masih dalam lingkup kesehatan reproduksi. Gonore (GO) atau kencing nanah, Raja singa atau sifilis, HIV-AIDS, Jengger Ayam, dan sebagainya merupakan jenis penyakit yang tergolong infeksi Menular Seksual. Seiring perkembangan jaman, penyakit ini tidak hanya ditemukan pada orang dewasa saja, melainkan sudah merambah kepada kaum muda atau remaja.


Sebenarnya, IMS dapat diobati dengan segera apabila gejala2 penyakit sudah diketahui sejak awal, namun karena banyak yang masih malu untuk berkonsultasi, seringkali gejala2 kecil yang timbul diabaikan begitu saja. Padahal jika dibiarkan, IMS akan menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Seseorang yang telah terkena  IMS beresiko lebih besar untuk terkena HIV-AIDS, dan seperti yang kita ketahui, HIV-AIDS tidak bisa disembuhkan.

Para remaja sebenarnya mempunyai keingintahuan yang tinggi terhadap hal2 semacam ini, namun karena rasa malu dan stigma, mnyebabkan mereka cenderung mengakses informasi melalui media massa. Namun, informasi yang ada di media massa khususnya internet tidak sepenuhnya benar, sehingga remaja sering terhasut dengan mitos2 yang menyesatkan dan pengobatan yang tidak masuk akal.

Di Bali sendiri,kasus IMS bukanlah hal yang baru,maka dari itu Dinas Kesehatan Provinsi Bali bekerja sama dengan Puskesmas dan klinik swasta milik LSM berusaha memberikan pelayanan dan pengobatan yang mudah diakses, berkualitas, terjangkau dan tentunya non diskriminatif. PKBI Daerah Bali yang merupakan salah satu LSM yang aktif dan konsen bergerak di bidang kesehatan reproduksi dan seksual digandeng oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk program itu. Terbentuklah unit pelayanan klinis dan pengobatan IMS dibawah program KISARA Youth Clinic (KYC) dengan nama Klinik IMS Kencana.

Klinik yang menyediakan pelayanan baik itu pemeriksaan, tindakan, dan pengobatan IMS tanpa membebankan biaya atau GRATIS pada pasiennya, karena pendanaan klinik ini dibantu oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Pasien yang melakukan pemeriksaan kesini pun tidak perlu khawatir,malu, ataupun takut, karena kerahasiaan pasien sangat dijamin. Petugas klinik IMS Kencana ini terdiri dari Dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya yang ramah dan pastinya tidak akan mendiskriminasi. Klinik ini dibuka untuk segala umur.

(DODOK/KISARA)

Klinik IMS Kencana KISARA Youth Clinic
Jalan Gatot Subroto IV/6 Denpasar, Bali
Telp: (0361) 9105250
Senin-jum’at pk 10.00 – 13.00 wita (kecuali hari libur)

Pin It

Leave a Reply