Yuk Hentikan Perundungan!

Kamu suka bicara dan ingin didengarkan ? Pernah dengar BISIK ? 

BISIK itu Bincang Asik! Bincang asik ngobrol bersama teman-teman seusia kamu dan bisa berdiskusi langsung dengan narasumber yang  professional dibidangnya. Kegiatan ini dibentuk karena melihat remaja zaman now sangat mudah mengakses informasi melalui smartphone dan internet, namun sayangnya remaja tidak tahu apakah informasi itu benar dan tepat. Nah, makanya KISARA membentuk kegiatan rutin setiap dua bulan sekali yang pastinya seru dan asik dengan suasana hitz anak muda untuk nongkrong-nongkrong dan instagrammable. Kegiatan BISIK pertama di tahun 2019 ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 2 Pebruari 2019 di Café Teduh, Denpasar. Peserta yang terlibat dalam bincang asik ini yaitu agent4change(agen perubahan) remaja sekolah yang sudah mendapatkan Dance4life. Pertemuan kali ini dipandu oleh Narasumber yang kece badai, yaitu dr I Gusti Rai Sp.KJ dengan membahas isu bullying remaja di sekolah dan lingkungan sekitar.

            Dr. Rai menjelaskan apa saja alas an bullying bisa terjadi di sekolah, diantaranya karena ada perasaan ingin mendominasi, budaya senioritas, merasa kuat. Pembully atau pelaku perundungan ternyata bisa terjadi juga karena mereka merasa ada kekurangan dan ingin ditutupi melalui tindakan-tindakan yang mendominasi dan cenderung melemahkan orang lain. Nah, objek bullying pun beragam, mulai dari hal unik atau berbeda yang dimiliki manusia baik hal emosional ataupun fisik. Contohnya, rambut keriting, gendut, pemalu, cengeng.

            Saat ini perundungan juga tidak hanya terjadi di dunia nyata loh, tetapi juga di dunia maya. Cyberbullying merupakan perundungan yang terjadi di dunia maya/social media. Misalnya, komentar-komentar negative ataupun hoax (berita palsu). Perundungan melalui media social saat ini cukup tinggi dan pelaku cenderung menggunakan akun palsu untuk mengomentari korban.

            Dr. Rai berpesan kepada teman-teman remaja yang hadir saat BISIK agar menyebarluaskan informasi ini serta menghentikan perundungan di sekolah maupun di lingkungan sekitar. Perundungan memiliki dampak yang besar, loh! Depresi, minder alias gak pede, sensitive, stress, bahkan sampai bunuh diri bisa terjadi karena dibully. Gak mau kan teman-teman kamu mengalami hal-hal tersebut? Yuk bantu menyebarkan kebaikan!

Tunggu BISIK selanjutnya dengan informasi yang gak kalah kece yaaa, guys!

Pin It

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.