Content Writing: Workshop bareng Agent4Change Dance4life

Sahabat KISARA, tanggal 17 Maret 2019 telah berlangsung workshop dengan tema “Content Writing” yang bertempat di lantai tiga gedung PKBI Bali. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WITA yang melibatkan perwakilan siswa dari 6 sekolah yaitu SMP 10 Denpasar, SMP Harapan, SMA Saraswati Denpasar, SMP Dharma Wiweka, SMP Ganesha, dan SMP 3 Denpasar. Terlihat antusiasme agen perubahan dalam meyimak materi.guna meningkatkan keterampilan menulis oleh kakak Irma Yudistirani yang merupakan salah satu editor dari IDN Times Bali. Wah seru banget yah!

Nah, apa sih content writing itu?

Content writing berarti kita dapat menuliskan konten relevan untuk website, mempunyai target pembaca dan penulisannya berdasarkan sudut pandang orang ketiga. Content writing juga mempunyai langkah-langkah dalam penulisan, seperti ide penulisan, research atau pencarian informasi, interview, outline atau pemilahan informasi, writing, dan post. Kemudian pastikan artikel yang kamu buat bukan click bait ya. Click Bait atau kata-kata yang bersifat menyerang dan menjelekan sesuatu. Jadi, buatlah judul click worthy. Biasanya memiliki ciri-ciri yaitu tidak sensasional atau sekedar bikin heboh, sesuai fakta, tidak misleading atau judul yang sesuai dengan isi. Artikel yang menarik pastinya akan menarik minat dari pembaca.

Bagaimana membuat artikel yang menarik?

Judul artikel yang dibuat mengandung keywoard yang ditargetkan. Perhatikan agar judul tidak kepanjangan. Ideal kata yang digunakan sebanyak 70 karaktek, dapat menggunakan situs perhitungan judul (wordcounter.net). Kemudian menggunakan angka di judul biar menarik. Isi dari artikel juga tidak kalah penting. Buatlah isi yang mengandung kata kunci, contohnya: games. Wajib menggunakan unsur 5W + 1H dalam penulisan. Penggunaan data-data, grafik, dan sumber yang jelas. Paling sedikit sumber yang dapat disertakan sebanyak 2 sumber. Menggunakan kalimat pembuka sebanyak satu sampai dua kalimat atau satu paragraph. Bagian penutup memiliki kesimpulan, punchline atau kumpulan opini, atau pertanyaan.

Tips-tips yang dapat kita gunakan dalam memilih kata dalam artikel, diantaranya adalah hindari body shaming, tidak menggunakan kalimat yang memojokan, gunakan kata popular, dan harus to the point. Kak Irma juga menambahkan bahwa, “Saat mengupload gambar dan penjelasan,  sertakan sumber baik itu gambar pribadi maupun mengambil gambar dari orang lain. Alangkah lebih baik harus ada ijin dari pemilik gambar, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan”, imbuhnya. Di akhir kegiatan kak Irma memberikan souvernir berupa baju dan buku dari IDN Times kepada agen perubahan berdasarkan hasil dari evaluasi tulisan terbaik saat sesi latihan menulis. Selamat kepada Kadek Reyna Chantika (13 th), Kadek Yuni Lestari (12 th), dan Andini Putri Wibowo (13 th) dari Agen4Change!

Pin It

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.