World AIDS Day 2013: Youth Against AIDS! “Free the World from Stigma and Discrimination!”

 

Minggu, 1 Desember 2013 merupakan Hari AIDS Sedunia (HAS) atau dalam bahasa Inggris kita kenal dengan World AIDS Day (WAD). Tahun ini KISARA PKBI Daerah Bali bekerjasama dengan Bali Against AIDS dan PMI Kota Denpasar merayakan WAD dengan tema Youth Against AIDS!; Free the World from Stigma and Discrimination! Yang mengambil tempat di Lapangan Puputan Badung. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, KISARA tahun ini memperingati WAD tidak hanya diisi dengan kampanye atau membagikan pita merah saja, namun juga mengajak masyarakat terutama remaja untuk ikut serta dalam memerangi HIV-AIDS dengan begerak bersama melakukan FLASHMOB #Dance4Life yang diikuti oleh 250 siswa siswi SMP dan SMA/SMK yang tergabung dalam kelompok ekstrakulikuler KSPAN dan PMR se-Kota Denpasar. Serta turut mengajak masyarakat yang berada di sekitar Lapangan Puputan untuk mengikuti flashmob tersebut.

flashmob

Selain itu banyak juga rangkaian acara yang seru dan menarik. Pertama, adanya lomba poster yang diikuti oleh siswa-siswi KSPAN Kota Denpasar. Sebagai pemenang SMA Negeri 4 Denpasar sebagai juara 1, SMA Negeri 8 Denpasar sebagai juara 2, dan SMP Negeri 7 Denpasar sebagai Juara Favorit.

lomba_poster

juara_poster

Tak kalah menariknya, terdapat Pojok Remaja, dimana dibuka stand-stand seperti, stand Donor Darah oleh PMI Kota Denpasar,

donor_darah

 

Stand Mobile Clinic and VCT dari Kisara Youth Clinic dan VCT Gumitir PKBI Daerah Bali. Masyarakat mengakses stand VCT guna melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, serta melakukan tes HIV gratis,

stand_vct

Selain itu juga terdapat stand KIE, dimana terdapat berbagai media penyampaian informasi yang menarik mengenai kesehatan reproduksi remaja, HIV-AIDS, dan juga NAPZA, yang dibantu oleh DKT Indonesia beserta PMI Kota Denpasar. Stand Fundraising, dimana masyarakat dapat membeli merchandise KISARA, dan juga makanan serta minuman.

stand_kie

Di sebelah dari stand, terbentang kain berwarna hitam, dimana terdapat brosur- pamflet berisi informasi terkait kesehatan reproduksi remaja, HIV-AIDS, dan juga NAPZA. Selain itu terbentang kain putih yang bertuliskan “Sign Against AIDS”, dimana masyarakat dapat memberikan tanda tangan juga kata-kata yang ingin disampaikan guna memerangi HIV-AIDS, serta memerangi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA.

Acara puncak dari peringatan World AIDS Day 2013 adalah konser amal yang dipandu oleh Jagat Raya dan Eka Octarini. Konser ini dimeriahkan oleh: Magic Flame, Gung Dessy, The Rolic, Akper Kesdam Udayana, Lawak Bondres Denok dkk, DeGekozen, Teater Angin, Nanoe Biroe dan ditutup dengan penampilan Sutha AFI.

panggung_remaja

panggung_remaja1

 

Pin It

Leave a Reply