Sudahkah Kamu Menyayangi Diri Sendiri?

Valentine 2018smaller

“Love yourself first and everything else falls into line. You really have to love yourself to get anything done in this world.”

– Lucille Ball

Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya dinobatkan sebagai hari kasih sayang. Kebanyakan orang akan merayakan hari Valentine dengan mengungkapkan perasaan cinta mereka pada orang terkasih. Sebut saja pacar, orang tua, saudara, atau sahabat. Ternyata, tak sedikit dari mereka yang rela menguras kantong untuk memberikan hadiah pada orang terkasih. Apakah Sahabat KISARA termasuk salah satunya?

Mengungkapkan perasaan sayang kepada orang terkasih dengan memberi hadiah ternyata cukup penting. Menurut studi yang dilakukan Rugimbana dan kawan-kawan (2003), orang-orang memberi, menerima dan memberi kembali hadiah untuk membangun dan memperkuat hubungan timbal balik, membentuk ikatan kepercayaan dan ketergantungan yang membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. Pemberian hadiah biasanya dilakukan saat momen tertentu, seperti hari Valentine misalnya, karena di sanalah letak istimewanya. Hadiah tersebut dinilai semakin bermakna, hal ini mampu mempererat sebuah hubungan karena pemberi dan penerima merasa ada ikatan khusus berkat hadiah tersebut.

Dari sekian banyak momen istimewa untuk memberikan hadiah kepada seseorang, pernahkah Sahabat KISARA menentukan momen istimewa untuk memberikan hadiah pada diri sendiri? Ternyata, self-gift behavior sangat penting dilakukan karena hal ini termasuk dalam tindakan terapi untuk diri sendiri (Mick dan DeMoss, 1990). Misalnya ketika kita butuh semangat saat merasa sedih atau ketika kita merasa telah membuat sebuah prestasi, memberi hadiah pada diri sendiri mampu meningkatkan kebahagiaan menjadi dua kali lipat. Hal ini karena selain memberi, kita juga menjadi pihak yang menerima hadiah tersebut.

Sahabat KISARA, apakah kalian masih ingat kejadian terakhir yang membuat kalian sedih? Apakah kalian masih ingat pula dengan kejadian yang membuat bangga terhadap diri sendiri? Inilah saat yang tepat bagi kalian untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri. Beranjaklah ke toko terdekat, beli cokelat atau bunga yang menarik perhatian kalian dan buatlah kartu ucapan dari dirimu untuk dirimu sendiri. Percayalah, perasaanmu akan menjadi lebih baik setelahnya.

Selamat hari Valentine untuk kalian semua, jangan lupa mencintai diri sendiri karena diri kalian sangatlah berharga. Viva Youth, Viva KISARA!

 

-Hani-

 

Catatan Kaki:

Robert Rugimbana, B. D. 2003. The Role of Social Power Relations in Gift Giving on Valentine’s Day. Journal of Consumer Behaviour Vol. 3, 1 , 63–73.

Mick, D.G., and M. DeMoss. 1990. Self-gifts: Phenomenological insights from four contexts. Journal of Consumer Research 17, no. 3: 322–32

Pin It

2 thoughts on “Sudahkah Kamu Menyayangi Diri Sendiri?

  1. Menurut tulisan ini Self gift behavior itu penting, tpi klo orgnya pelit buat buat diri sendiri itu gimana ya ?

  2. kalau itu coba dianalisa lagi kak, kenapa pelit sama diri sendiri? karena self gift behavior itu kan salah satu cara kita untuk menghargai dan menyayangi diri sendiri 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.