LIHAT SEKITAR ,REMAJA HARUS PEDULI LINGKUNGAN

 

dca323_831034e6673c49e3bc18dfb5b9bca187.jpg_srz_328_228_75_22_0.50_1.20_0.00_jpg_srz

 

Remaja adalah orang yang berusia 10-24 tahun. Remaja tumbuh dan hidup dipengaruhi oleh banyak hal. Lingkungan adalah salah satu hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan remaja.Lingkungan sosial maupun lingkungan fisik saat ini sudah mulai berubah. Dahulu lingkungan sosial masih terikat adat dan norma yang sangat kental namun saat ini sudah mulai bergeser menjadi bebas dan modern. Lingkungan fisik pun berubah semakin banyaknya penduduk semakin sedikit yang peduli kebersihan lingkungan. Padahal kebersihan adalah cerminan keimanan dan menghindari kita dari penyakit.

Perubahan yang terjadi tidak terlepas dari kemajuan teknologi dan zaman. Namun ada hal yang harus diingat oleh kita sebagai remaja kita harus tetap menjaga lingkungan disekitar kita. Adat dan norma yang baik harus terus dilaksanakan dan jagalah lingkungan sekitar kita agar bersih dan bebas dari bibit penyakit.Hingga saat ini banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaganya.

Kita fokus ni sama lingkungan fisik karena lingkungan fisik ini banyak masalahnya sekarang. Lihat aja fenomena sampah yang menumpuk, banjir, pencemaran lingkungan(polusi dll), longsor, perubahan iklim, desertifikasi, dan lain-lain. Semua hal ini banyak dampak negatif bagi kehidupan kita semua. Semua masalah ini perlu kita pedulikan karena disaat usia kita remaja aja udah banyak masalah apalagi setelah kita dewasa… nanti malah semakin parah dan rusak kalo kita tidak mulai berubah dari sekarang.

Sampah menumpuk itu sebenarnya bisa jadi uang lho… buktinya barang anorganik yang masih bisa digunakan dijadikan bahan yang lebih berguna dan yang lainnya sekarang sudah ada banyak bank sampah yang mau menerima sampah anorganik kita serta sampah organik bisa dijadikan kompos… kurang apa coba…Cuma kesadaran untuk pemilahan sampah ni yang masih rendah sama kebiasaan buang sampah sembarangan… sayang donk kalo uang kita malah buang dan kita buat lingungan kita serta petugas kebersihan semakin berat ngolah sampah.Ayo dicoba ya guys care sama sampah yang masih kita bisa manfaatkan.

Polusi sekarang makin tebal karena pola hidup kita yang semakin sibuk dan konsumtif. Buktinya 1 rumah bisa punya kendaraan yang lebih dari jumlah penghuninya and sekarang kemana-mana yang jaraknya dekat juga harus pake kendaraan … belum lagi semakin muda sekarang remaja maupun anak-anak yang udah dikasi bawa kendaraan. itu nambah polusi banget..tapi inget ga Cuma nambah polusi itu juga mulai berbahaya buat kita. Yang pertama keselamatan ( inget lho batas minimal punya SIM alias ijin mengemudi) dan yang kedua pada kesehatan (jadi kurang gerak/olahraga) karena semua dengan mudah diraih dengan kendaraan.

Sebenarnya semua masalah yang ada di lingkungan kita bersumber dari diri kita sendiri guys.. Kalo mau menyelamatkan harus berubah dari diri sendiri dulu baru bisa berbagi informasi dengan orang lain. Nah, Guys… ayo jadi remaja yang bisa jaga lingkungan kita agar hidup sehat tetap kita rasakan.^_^

images

penulis: erma pradnyani

editor: Jeje

ilustrasi: google.com

Pin It

Leave a Reply