LDR? WHY NOT?

PicsArt_1423362078998Banyak orang yang menghindari Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh. Sering kali LDR dianggap sebagai suatu hubungan yang tidak akan dapat berlangsung lama dan cenderung banyak masalah. Tapi, tahukah kamu bahwa LDR juga memiliki banyak manfaat? Berikut ini adalah 10 manfaat LDR yang bisa kamu dan pasanganmu rasakan.

LDR BISA MELATIH KEMANDIRIANMU

1Ketika teman-temanmu selalu mengajak pasangannya untuk mengikuti semua kegiatannya, hal ini tidak terjadi padamu. Kamu akan menjadi pribadi yang cenderung mandiri dan tidak bergantung pada orang lain termasuk pacarmu. Pergi ke toko buku sendirian, nonton film sendiri, jogging hanya ditemani Ipodmu akan menjadi hari-hari yang harus kamu lewati. Tapi jangan khawatir, ketika kamu dewasa nanti, kamu akan merasakan banyak manfaat dari kemandirian tersebut.

LEBIH PANDAI MENGATUR WAKTU

2LDR akan mengajarkanmu untuk menghargai waktu dan memahami pentingnya moment-moment bersama pasanganmu. Ketika kalian berencana untuk bertemu, kamu akan menyelesaikan segala tugas sekolah dan kampusmu lebih awal untuk menghabiskan waktu bersama pasanganmu. Kamu akan lebih menyadari bahwa wakti itu berharga.

HEMAT

3Jarangnya memiliki waktu untuk bepergian dengan pacarmu akan membuatmu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah atau berkegiatan lain bersama teman-temanmu. Menghabiskan malam minggu di café bukan lagi menjadi agenda rutinmu. Dengan begitu, kamu akan dapat menghemat uang jajanmu dan menabung untuk merencanakan liburan yang lebih menyenangkan.

MELATIH KEPERCAYAAN

4Ketika jarak ribuan hingga ratusan ribu kilometer memisahkan kalian, kamu tidak akan tahu pasti apa yang dilakukannya disana dan siapa saja teman-teman barunya, begitu juga sebaliknya. Namun, hal ini tidak boleh membuatmu menjadi penuh curiga dan cemburu berlebihan. Disinilah rasa percayamu akan diuji. Apakah kamu akan bisa mengendalikannya dengan baik atau akan menjadi awal masalah besar, itu tergantung dari caramu menyikapinya.

LEBIH FOKUS PADA CITA-CITAMU

5Ketika pasanganmu memutuskan untuk pindah kota atau negara untuk melanjutkan kuliahnya atau untuk bekerja, pahamilah bahwa dia sedang berjuang untuk cita-citanya. Lalu kenapa kamu tidak melakukan hal yang sama disini? LDR akan membantu kalian untuk memprioritaskan cita-cita kalian demi masa depan yang lebih baik.

KAMU AKAN LEBIH BANYAK PUNYA WAKTU DENGAN TEMAN-TEMAN DAN KELUARGAMU

6Menangis sendiri di kamarmu ketika libur tiba bukan cara yang tepat untuk mengisi waktumu. Cobalah untuk menjadi pejuang jarak yang bahagia. Kunjungi teman-teman lama yang sempat kamu lupakan. Ajak sepupu-sepupumu untuk hang out bersama. Mungkin mereka juga merindukan saat-saat bersamamu tapi karena selama ini kamu lebih sibuk dengan pasanganmu, mereka tidak dapat menghabiskan waktu denganmu.

MENIKMATI WAKTU SENDIRI

7Wujudkan Me Time yang selama ini ingin kamu lakukan. Menghabiskan waktu dengan diri sendiri juga penting. Pergi ke salon atau lakukan perawatan sendiri di rumah. Tunjukan bahwa kamu bahagia dengan dirimu sendiri. Hal ini akan membuat pasanganmu yang jauh disana tidak khawatir dengan keadaanmu sehingga kalian dapat menjalankan kehidupan dengan bahagia walau terpisah jarak dan waktu.

NIKMATNYA MENAHAN RINDU

8Rindu itu tidaklah menyakitkan. Cobalah untuk melihatnya sebagai anugerah untuk saling menguatkan dalam melawan jarak. Dengan saling merindukan, kalian akan merasakan bahwa kalian memiliki rasa kasih sayang yang besar satu sama lain.

MELATIH KESETIAAN

9Tidak hanya menuntut agar pasanganmu setia, tapi kamu juga harus setia. Saling setia sangat diperlukan dalam menjalani hubungan jarak jauh. Banyak godaan yang akan kamu rasakan ketika memasuki lingkungan kampus atau tempat kerja yang baru. Nah, disini rasa kesetiaanmu akan diuji, apakah kamu benar-benar mencintai pasanganmu yang jauh disana atau tidak.

MENGURANGI RESIKO HUBUNGAN FISIK YANG BERLEBIHAN

10Karena jarak yang jauh, maka intensitas pertemuanmu dengan pasanganmu juga akan berkurang. Hal ini akan membuat kamu menyadari bahwa cinta dan kasih sayang tidak hanya sekedar urusan bersentuhan secara fisik. Lebih dari itu, ini adalah soal bagaimana cara kalian saling menjaga komitmen. Menjalani pacaran jarak jauh akan menghindarimu dari hubungan fisik berlebihan sebelum waktunya.

Indahnya cinta tidak hanya bisa dirasakan oleh mereka yang tidak terpisah oleh jarak. Teman-teman yang menjalani hubungan jarak jauh juga dapat menikmati indahnya cinta dan merasakan banyak manfaat dari LDR. Nikmati prosesnya dan tunggulah untuk kembali bersama. Selamat berjuang.

 

#IndahnyaCinta#SobatASK

Ditulis oleh: Luh Pitriyanti

Gambar ilustrasi: Google.com dan File Pribadi Relawan

 

Pin It

Leave a Reply