KISARA dan Champions Dance4life Dalam Pelatihan Dasar KSPAN Ganesma SMA (SLUA) Saraswati I Denpasar

KSPAN atau Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba, KSPAN sendiri dapat memberkan kesempatan kepada siswa-siswi untuk mengembangkan diri sendiri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, kondisi dan perkembangan peserta didik khususnya dalam kesehatan Reproduksi Remaja dan konseling serta penangulangan HIV-AIDS dan Narkotika. Memiliki fokus kegiatan yang serupa KSPAN GANESMA SMA (SLUA) Saraswati I Denpasar dalam kegiatan kemah pelatihan dasarnya melakukan kerjasama dengan KISARA dan Dance4life. Kegiatan pelatihan dasar yang dilakukan di Desa Budaya Kertalangu pada Jumat, 25 Oktober 2019 ini melibatkan seluruh anggota KSPAN GANESMA.

Kepedulian dan kesadarannya terhadap pentingnya pengetahuan terkait HIV- AIDS serta penghapusan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS) ini membuat para anggotanya antusias mengikuti setiap sesi yang disampaikan oleh relawan KISARA dan para Champions Dance4life. Selain pengetahuan terhadap HIV-AIDS dalam kegiatan ini KISARA juga berbagi bagaimana pengalaman dan Teknik yang baik digunakan untuk menjadi fasilitator yang baik ketika nanti mereka menjadi fasilitator untuk memfasilitasi materi-materi yang dipelajarinya selama mengikuti KSPAN ini. Selain memberikan materi terkait HIV-AIDS dan Teknik fasilitasi, KISARA juga melakukan sesi curah pendapat dengan peserta pelatihan untuk membahas mitos dan fakta terkait HIV-AIDS dan ODHA yang masih beredar di masyarakat.

Mengakhiri sesi para champions Dance4life nge-drill bareng dengan KSPAN Ganesman, antuasias peserta terlihat dari energiknya Gerakan dan semangatnya selama nge-drill bareng  tersebut. Satu lagi hal yang mengesankan selama kegiatan ini adalah munculnya kesadaran para peserta pelatihan bahwa ternyata apapun medianya bisa kita jadikan sumber dalam menyampaiakan informasi khususnya terkait HIV-AIDS termasuk nyanyian dan tarian Dance4life. Semoga semangat dari teman-teman KSPAN Ganesma tetap bertahan dan terus meningkat serta mampu menular ke sahabat KISARA lainnya. Mari bersama-sama melangkah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya informasi yang benar tentang HIV-AIDS serta hapuskan stigma dan diskriminasi pada ODHA.

Viva youth, Viva KISARA

 

Ni Made Tariani

– Relawan Kisara

 

 

Pin It

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.