Jangan Begadang Kalau Tak Ada Artinya

begadang

Putri Dirmahayu Prabawati

Relawan KISARA PKBI Daerah Bali

 Saat ini banyak sekali orang-orang yang suka begadang. Sering begadang untuk melakukan hal yang penting, tapi tak jarang juga untuk melakukan hal yang sebenarnya tidak penting dan akhirnya begadang menjadi sebuah kebiasaan.

Para dokter di National Taiwan Hospital mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati, tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm! Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar. Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Chuan. Tetapi ironisnya, ternyata dokter yang menangani kanker hati juga bisa memiliki pandangan yang salah. Salah satu penyebab utama kerusakan hati adalah tidur terlalu malam (begadang) dan bangun terlalu siang.

Apa itu begadang ?

Begadang adalah kata yang digunakan untuk mendefinisikan seseorang yang tidak tidur sampai larut malam atau bahkan terjaga sepanjang malam.

Kenapa begadang ?

Ide-ide Segar Muncul Saat Malam Hari

Banyak orang yang suka begadang merasa bahwa ide-ide segar itu muncul ketika malam hari. Semakin larut maka akan semakin banyak ide yang tercipta. Mereka menganggap bahwa hal menarik itu akan lebih baik jika dikerjakan pada malam hari. Karena daya kreativitas akan terasa lebih kuat saat malam menjelang.

Tidur Sebelum Jam 12 Malam Itu Susah

Alasan kedua mengapa seseorang suka begadang meski sudah dilarang adalah mereka merasa kesulitan tidur (insomnia) sebelum jam 12 malam. Hal ini bisa disebabkan oleh insomnia atau memang faktor kebiasaaan. Meskipun  begadang itu dilarang, bagi mereka memejamkan mata pada jam tidur seharusnya itu sangatlah sulit. Maka dari itu mereka lebih memilih untuk begadang dari pada harus mencoba tidur.

Suasana Malam Hari Bisa Meningkatkan Konsentrasi

Suasana yang tenang pada malam hari akan lebih menyenangkan bagi orang yang sedang mengerjakan tugas yang butuh konsentrasi tinggi. Hal ini disebabkan karena pada malam hari tidak begitu banyak suara-suara bising yang mengganggu. Sehingga mereka akan lebih fokus dalam melakukan pekerjaannya. Itulah mengapa mereka lebih suka begadang karena merasa pekerjaan tersebut akan lebih mudah diselesaikan pada malam hari.

Ada Banyak Hal yang Dipikirkan Saat Malam Hari

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi diri. Ketika malam menjelang, banyak orang yang kemudian mencari suasana sepi untuk merenung memikirkan apa yang sudah terjadi sepanjang hari, atau bahkan mereka juga memikirkan apa yang akan terjadi besok. Oleh sebab itulah mereka sulit untuk tidur dan akhirnya harus begadang karena ada banyak hal yang harus dipikirkan.

Tidur Lebih Awal Tidak Menjamin Bangun Lebih Pagi

Bagi mereka, tidur lebih awal ataupun larut bisa saja bangun pagi tergantung pada individunya. Jadi menurut mereka akan sama saja tidur larut ataupun tidur cepat. Selain itu, ketika tidur larut bisa memanfaatkan waktu untuk mengerjakan berbagai hal daripada harus tidur.

Kerja Lembur atau Bekerja Shift Malam

Seringkali begadang disebabkan karena tuntutan pekerjaan.

Fakta dan Mitos yang Berkaitan dengan Begadang

Bolehkah kita mandi setelah begadang semalaman? Apa akibatnya? Benarkah mandi setelah begadang bisa menyebabkan kematian?

Menurut dr. Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCTM, MHA, SpJP, LMPNLP, ELT, CCH yang bekerja di Rumah Sakit Asri Jakarta menyatakan bahwa mandi setelah begadang yang mengakibatkan kematian adalah mitos semata.  Secara fisiologis, suhu dingin akan menyebabkan penguncupan pembuluh darah, sebaliknya suhu hangat akan melebarkan pembuluh darah. dr. Kasim menjelaskan ketika kondisi tubuh mengalami kedinginan maka kulit menjadi mengkerut dan pucat, sehingga tubuh akan merasa menggigil dan berupaya menggerakan tubuh yang nantinya akan timbul rasa hangat pada tubuh. Sementara, bila kulit terpapar sinar matahari maka pori-pori akan membesar kemerahan yang bisa memicu produksi keringat untuk membantu mendinginkan tubuh.

Kebiasaan tidak tidur berjam-jam atau begadang tak bisa terus-menerus dibiarkan, sering kali dihubung-hubungkan dengan meningkatnya risiko kondisi medis, seperti stroke dan serangan jantung. “Kalau pembuluh darah sudah dalam kondisi penyempitan, baik di otak ataupun di jantung, maka secara nalar mungkin saja terjadi momen di mana paparan mendadak terhadap dingin akan menguncupkan sampai menyumbatnya, tapi tak dapat disalahkaprahkan dan disamaratakan begitu saja” ujar dr Kasim.”Karena kan bagaimanapun kesehatan tidur setelah begadang itu tetap harus dilihat pada kondisi tubuh sebelumnya. Intinya kan kepada kebutuhan tidurnya itu. Bagaimanapun juga, tidurlah yang memegang peranan besar disini. Makanya memang disebutkan kalau kurang tidur itu bisa menyebabkan kematian, juga penyakit-penyakit, seperti hipertensi, jantung, diabetes, disfungsi ereksi, dan sebagainya masih banyak lagi,” paparnya.

Pengaruh Langsung atau Efek Samping Begadang

Pengaruh langsung yang dapat dirasakan setelah begadang yaitu muka pucat dan lingkaran hitam di bawah mata, pusing dan susah konsentrasi, daya tahan tubuh menurun, pola makan tidak teratur, mudah mengantuk. Pengaruh terhadap pikiran yaitu stress dan depresi, mudah marah dan gelisah. Dan resiko jangka panjang akibat begadang adalah hipertensi, penyakit jantung, risiko stroke, diabetes, obesitas, alzheimer (pelupa/lupa ingatan), kardiovaskuler.

Tips Sehat Bagi yang Sering Begadang

  1. Pastikan begadang karena melakukan hal yang penting atau mendesak
  2. Perbanyak minum air putih
  3. Konsumsi madu agar ketahanan dan kekebalan tubuh tetap terjaga
  4. Hindari makanan berminyak dan cepat saji, pilihlah makanan sehat dan berserat
  5. Olahraga
  6. Mulai persiapan dengan melakukan tidur siang agar memiliki energi untuk begadang
  7. Kurangi merokok saat begadang
  8. Jangan memaksakan diri. Tidurlah sesegera mungkin jika ada sesuatu yang mulai ganjil dalam tubuh, misalnya mulai tidak enak badan, penglihatan sudah terasa kabur sehingga tidak mampu membedakan hal-hal kecil sekalipun.

Sumber :

http://sumber-algafari.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-begadang.html

http://www.infophoria.com/2015/11/inilah-5-alasan-orang-tetap-begadang.html

https://www.facebook.com/notes/wwwgamexeoncom/penemuan-terbaru-mengenai-kanker-hati-jangan-begadang/141544920539/

https://mujitrisno.wordpress.com/2013/09/18/penemuan-terbaru-mengenai-kanker-hati-jangan-tidur-terlalu-malam/

http://health.detik.com/read/2014/04/02/190205/2543667/775/mandi-setelah-begadang-bisa-berujung-kematian-mitos-atau-fakta

http://www.kumpulanmisteri.com/2015/02/mandi-setelah-begadang-apa-akibatnya.html

http://fbhealthyliving.blogspot.co.id/2012/06/tips-sehat-buat-yang-suka-begadang.html

http://www.ciputra-uceo.net/blog/2015/2/12/15-bahaya-begadang-dan-5-tips-mengurangi-resikonya

Pin It

Leave a Reply