Jaga Diri Kamu, Dia, dan Sekitar Kita Dari COVID-19

Halo Sahabat Kisara, seperti yang sudah kita tau bahwa penyebaran virus Corona sudah meluas dan sudah banyak pasien yang dirawat akibat terinfeksi virus Corona ini atau yang juga sering disebut COVID-19. Virus Corona sendiri merupakan virus baru penyebab penyakit pernapasan, yang ditemukan di Cina dan satu keluarga dengan virus penyebab penyakit MERS dan SARS.

Sementara untuk gejala-gejala yang ditimbulkan akibat virus Corona ini sendiri ada demam, gangguan pernafasan, batuk/pilek, sakit tenggorokan, dan sesak nafas.

Nah Sahabat Kisara, agar tidak terinfeksi virus ini banyak kok yang bisa kita lakukan, karena selain agar kita tidak terinfeksi kita juga bisa melindungi dan menjaga orang-orang di sekitar kita agar tidak tertular yang tentu saja dapat mengurangi penyebaran virus ini. Terus, apa saja yang bisa dilakukan?

Pertama, Mencuci tangan pakai sabun dengan benar dan bisa juga dengan menggunakan hand sanitizer

Kedua, Hindari menyentuh bagian wajah terutama hidung, mulut, dan mata apalagi dengan tangan yang belum dicuci

Ketiga, Hindari kerumunan, dan pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang dan kontak langsung terhadap orang lain seperti cipika-cipiki, salaman, dan lain-lain. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menjaga jarak dengan orang disekitar minimal 1 meter jauhnya.

Keempat, #DirumahAja seperti tagar-tagar yang ada di media sosial yang berawal dari anjuran pemerintah pusat untuk berada di rumah, kerja dari rumah (Work From Home), belajar dari rumah (Learn From Home) yang sebenarnya merujuk kepada Social Distancing untuk mengurangi kontak antar masyarakat.

Kelima, Ikuti panduan resmi dan perkembangan informasinya dan pastikan sumbernya resmi agar terhindar dari berita hoax.

Jadi jangan ngumpul-ngumpul dulu ya, apalagi jalan-jalan. Kalo tidak ada hal yang mendesak mending di rumah aja berkumpul bersama keluarga tercinta. Selain semua itu sahabat Kisara juga penting sekali untuk kita agar selalu memastikan bahwa kondisi tubuh kita tetap terjaga dan sehat pastinya dengan istirahat yang cukup, menjaga pola makan, serta kebersihan tubuh dan sekitar. Stay Safe dan semoga semua baik dan pulih kembali untuk kita semua.

Ade

(Relawan Kisara)

Sumber : Kementerian Kesehatan RI (kemkes.go.id)

Pin It

One thought on “Jaga Diri Kamu, Dia, dan Sekitar Kita Dari COVID-19

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.