Ini saatnya layanan kesehatan harus ramah remaja!

P_20171011_133606

Berapa banyak remaja yang mengetahui layanan khusus remaja yang ada di puskesmas? Atau mencari layanan baru saat merasakan kesakitan? Uhm ternyata masih banyak loh sahabat kisara, remaja di kota Denpasar yang belum mengetahui bahwa layanan khusus remaja tidak hanya memberikan pelayanan medis, tapi juga pendampingan untuk curhat loh! So, kini kamu tidak sendirian.

Kisara PKBI Bali bekerjasama dengan seluruh puskesmas di kota Denpasar, puskesmas petang 1, dan beberapa bidan praktek mandiri untuk meningkatkan akses layanan kesehatan remaja khususnya terkait dengan kesehatan reproduksi dan seksual. Pada tanggal 10 – 11 Oktober 2017, diadakan pelatihan untuk tenaga kesehatan di puskesmas yang khusus memegang program remaja dan beberapa bidan praktek mandiri terkait dengan penyediaan layanan kesehatan yang ramah remaja. Materi yang diberikan terkait dengan seksualitas, pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak dan perempuan, serta praktek konseling.

Pelatihan dimulai dengan klarifikasi nilai terkait dengan hak kesehatan seksual dan reproduksi remaja. Diskusi berjalan sangat menarik, dimana ada beberapa pernyataan yang kontroversi untuk peserta dan menarik untuk didiskusikan. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi terkait seksualitas serta mengidentifikasi pesan – pesan seksualitas yang ada di lingkungan masyarakat. Kemudian keesokan harinya dilanjutkan dengan diskusi kegiatan PKPR disertai dengan memetakan kendala yang ada. Selanjutnya, terdapat pemberian materi mengenai konseling dan sekaligus praktek konseling yang langsung berhadapan dengan remaja. Praktek konseling yang dilakukan memberikan keterampilan mengenai layanan konseling yang ramah remaja dan keterampilan untuk menangani kasus tertentu.

Pelatihan ini menjadi salah satu kegiatan project Get Up Speak Out (GUSO) PKBI Bali sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan akses layanan kesehatan reproduksi dan seksual pada remaja. Tahukah kamu, kini pelayaan yang akan diberikan tidak hanya layanan statis di puskesmas, namun kamu sebagai remaja dapat mengakses layanan konseling/curhat online. Yaps, pastinya upaya yang akan dilakuka mencegah terjadinya permasalahan terkait kesehatan reproduksi dan seksual serta menyehatkan remaja yang sehat.

Pin It

Leave a Reply