I Decide My Happiness

20150209_143317“Jatuh cinta berjuta rasanya”. Mengutip sebuah lagu lawas tentang seseorang yang jatuh cinta. Bener tidak sobat remaja yang lagi jatuh cinta? Bertujakah rasa yang muncul di hati kalian? Jawabannya pasti iya atau ya.

Merupakan hal yang wajar ketika seseorang yang lagi jatuh cinta memiliki lebih banyak emosi. Bahasa gaulnya berjuta rasa. Senang. Sedih. Bahagia. Ada galaunya mungkin. Tapi umumnya orang yang sedang jatuh cinta akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa karena ketika seseorang jatuh cinta akan menstimulasi hormon dopamine dan oksitosin. Hormon yang membangkitkan rasa bahagia. Tapi, bagaimana jika orang patah hati?

Patah hati karena putus dengan pacar atau cinta ditolak dapat menimbulkan rasa sedih atau marah. Kedua perasaan tersebut dapat mengganggu kerja hormon dopamine dan oksitosin sehingga otak akan mengirimkan sinyal bahwa tubuh sedang sakit. Selain itu, otak juga menstimulasi kortisol dan epineprhrine yang memicu reaksi perlawanan dan melarikan diri. Pertanyaannya orang yang patah hati mau melawan siapa? Lari dari siapa? Jadi hormon kortisol akhirnya lari ke dada dan menimbulkan rasa sakit serta menekan dan membuat aliran darah ke perut tidak lancar. Nah, ayo ngaku siapa yang pernah mengalami ini? Masihkah sobat remaja berada dalam kondisi ini. Kalau masih, mau sampai kapan terus diam dalam kondisi itu? Yuk move on. Berikut ada 5 tips buat sobat remaja yang siap memilih untuk move on.

DECIDE

Path 2015-02-10 09_05Patah hati tentu menjadi hal yang tidak mudah dihadapi. Tapi bukan berarti tidak bisa dihadapi. Mampu tidaknya kamu menghadapi patah hati tergantung lagi dari kemauan yang kamu miliki. Semakin kuat kemauan move on, semakin kuat juga kemampuan bangkit menghadapi patah hati. Jadi, tentukan pilihan. Mau memilih move on atau tetap meratapi diri dan membiarkan diri terus sakit karena patah hati?

 

Lari, tapi berhenti berlari dan melawan

1508117_833742946718645_1868096630064507587_nKalau belum memilih move on, coba salurkan energi dari emosi patah hati itu dengan olah raga seperti lari. Lari dapat membangun kepercayaan diri dan memberikan perasaan bebas. Bebaskan dirimu dari perasaan-perasaan sedih yang mendalam dan mulailah memutuskan sesuatu yang lebih baik.

Kalau sudah memutuskan untuk move on berhentilah berlari. Berhenti berlari menghindari apalagi menyalahkan masa lalu. Kekuatan move on tidak terlihat dari seberapa jauh menghindari kenangan, tapi seberapa jauh berjalan bersama kenangan. Karena kenangan merupakan bagian dari perjalanan kehidupan, maka wajar kalau kenangan itu terkadang muncul. Wajar kalau hujan inget mantan. Wajar kalau dengerin lagu inget mantan. Wajar kalau nyium aroma parfum tertentu inget mantan. Semua wajar karena memori akan selalu melekat di otak sebelum kita mau melepasnya. Sekarang yang membedakan kamu yang sudah move on dengan yang belum move on adalah ketika kenangan itu muncul, kamu yang sudah move on tidak akan merasa sedih karena semua kenangan hanyalah kenangan. Tidak ada lagi pelibatan emosi ketika kenangan itu datang. Tidak lagi ada keinginan untuk memiliki apa yang telah menjadi kenangan.

Get Your Joy

10968405_430024207160043_6497092220459566423_nSekarang ketika kamu sudah mampu berjalan bersama masa lalu itu. Nikmati harimu. Nikmati masa-masa sendirimu. Miliki kebebasan untuk berjalan kemanapun kamu mau. Miliki kekuatan untuk meraih sesuatu yang lebih baik. Caranya banyak mulai dari menghabiskan waktu dengan diri sendiri hingga menghabiskan waktu dengan teman-teman lama maupun baru. Melakukan aktivitas sosial seperti bergabung menjadi relawan juga dapat menjadi alternative lo. Nikmatilah hidup dengan cara yang membuatmu berbahagia. Asalkan itu positif dan mampu membuatmu produktif, lakukan saja!

Get Your Peace

1423525521860 Sudahkah kamu menikmati hidupmu? Kalau sudah, pastikan juga kamu damai dengan hatimu. Tapi, kalau bertemu lagi dengan mantan gimana? Mampukah kamu tetap berdiri dengan hidup yang kamu sedang nikmati? Tidakkah kamu galau apalagi melihat dia sudah bergandengan dengan orang lain? Jika masih galau, membenci atau meratapi hidupmu, wah sayang sekali kamu belum move on sepenuhnya. Cobalah kembali berdamai dengan hidupmu. Tanamkan bahwa kalian telah memiliki jalan masing-masing. Raihlah kedamainmu sendiri. Agar lebih berdamai dengan dirimu, bisa dilakukan dengan berlatih relaksasi seperti meditasi atau yoga.

Cinta Baru

Path 2015-02-10 08_58Perasaan lelah terkadang akan muncul disela-sela perjuanganmu move on. Wajar. Kamu masih manusia yang bisa lelah. Tapi yang terpenting adalah ingat kembali bahwa kamu telah memutuskan move on. Terus berjuang adalah pilihan terbaik yang ada. Teruslah berjuang sehingga mendapatkan cinta yang baru. Tentu tidak mudah untuk kembali jatuh cinta setelah mengalami sakit hati. Hanya saja tetaplah jatuh cinta. Jika masih memiliki trauma dan masih takut terluka karena mencintai orang lain, kamu dapat memulainya dengan mencintai hal-hal sederhana. Kamu dapat mencintai langit biru. Awan. Ombak. Pantai. Gunung. Suara burung. Cintailah semua hal yang dapat kamu cinta. Cinta itu akan membuatmu bersyukur teringat bahwa hidup ini terlalu indah untuk ditangisi. Jatuh cintalah terus pada hal sederhana itu hingga akhirnya kamu siap mencintai seseorang yang juga mencintamu. Tetaplah percaya bahwa setiap pembelajaran dalam sebuah kisah adalah kebahagiaan.

Jadi, bagi sobat remaja yang sedang patah hati, sudahkah kamu memilih kebahagiaanmu?

Ditulis oleh: Ni Putu Natalya (Zeny) KISARA

Pin It

Leave a Reply