Gaul Keren Ala KISARA : Ketemuan, PDKT hingga Perluas Jaringan

artikel2


Nongkrong menjadi tradisi umum di kalangan remaja. Sebagai organisasi remaja yang beradaptasi dengan situasi remaja, Kita Sayang Remaja (KISARA) juga melakukan nongkrong keren bersama remaja. KISARA yang dimotori oleh remaja pada pertengahan bulan November 2014 ini melakukan koordinasi bareng remaja komunitas dan sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan di tempat-tempat makan di tiga daerah yaitu Gianyar, Badung dan Denpasar ini merupakan salah satu usaha PDKT alias pendekatan dari KISARA untuk membangun jaringan di tiga daerah tersebut.

Lebih lanjut, pertemuan yang diawali dengan perkenalan KISARA ini diharapkan dapat meningkatkan eksistensi KISARA di kalangan remaja. Dengan begitu, lebih banyak remaja diharapkan dapat mengakses informasi kesehatan seksual dan reproduksi serta pelayanan kesehatan yang ramah remaja.

Kegiatan serius namun dikemas santai ini mendapatkan apresiasi baik dari komunitas maupun sekolah di tiga daerah tersebut. Hal itu dapat terlihat dari hadirnya 20 orang perwakilan remaja dari berbagai komunitas seperti Yayasan SOS, STT di wilayah Denpasar, Badung dan Gianyar seperti STT Yowana Brahma Wisesa Pande Beng, STT Suka Duka Padang Tegal Kelod, STT Wira Dharma, STT Raksa Bhuana, STT Sekar Jepun, STT Andhita Jagadhita, STT Sadarana Dharma dan Paramartha Kusuma, ada juga Komunitas Mahasiswa Peduli AIDS (KMPA) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, SMK Negeri 1 Gianyar, SMANegeri 8 Denpasar.

artikelWalaupun dari komunitas yang berbeda, namun semangat dan antusiasme peserta yang hadir tidak jauh berbeda. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta ketika diskusi berlangsung. Berakhirnya ketemuan dan PDKT bareng remaja setelah 2 jam berlangsung, KISARA tidak berharap merupakan akhir dari kerjasama yang terjalin. KISARA berharap keseluruhan peserta yang hadir dapat menjadi perpanjangan tangan dari KISARA menyebarkan informasi di komunitasnya masing-masing dan menyebarkan hasil pertemuan ini kepada lebih banyak lagi komunitas. Sehingga walaupun dari komunitas yang berbeda, memiliki sudut pandang yang berbeda, dan melaksanakan jenis kegiatan yang berbeda, komunitas dan KISARA dapat beraksi bersama untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan remaja.

penulis: Pitri/KISARA

editor: Zeny/KISARA

Pin It

Leave a Reply