CERPEN KEPO DAN COBA-COBA REMAJA

ciba coba

Tak dapat di pungkiri kemajuan zaman semakin berkembang pesat bahkan dengan didukung oleh berbagai teknologi. Kemajuan teknologi ini membantu dan juga dapat berdampak buruk bagi yang tidak bisa menggunaan dengan baik.Contoh kemajuan zaman yang didukung teknologi adalah hampir setiap orang memiliki hp, bahkansudah sangat canggih.
Namun kecanggihan teknologi hp tidak digunakan dengan baik. Sekarang banyak anak dan remaja yang diberikan hp oleh oran tuanya dengan tujuan mudah di hubungi malahan hp itu dipake hal negatif kayak download film porno, bisnis yang buruk (prostitusi), sex bebas, terjerumus ke dunia narkoba, dan lain-lain. Banyak kejadian yang sudah terbukti akibat kepo dan coba-coba remaja terutamanya.
Salah satu kisah akibat kepo dan coba-coba yang dilakukan remaja. Sebut saja namanya yani seorang siswi SMA yang dikenal polos dan pintar. Dari SD hingga SMA kelas 1 ia selalu fokus kepada masa depannya. Tak pernah dipikirkan untuk berpacaran dahulu. Ia juga dari golongan orang yang mampu. Namun kehidupannya berubah ketika ia mulai mengenal sahabat laki-lakinya di kelas. Ia sering curhat bahkan bertukar informasi terkait sekolah kepada jaya , sahabatnya.
Tanpa terasa mereka semakin akrab hingga mendapat tugas bersama menjadi sekertaris kelas. Persahabatan berubah menjadi kasih sayang namun keduanya memutuskan untuk menjadi kakak beradik saja karena masih ingin fokus belajar. Diakhir semester di kelas 2 jaya tiba-tiba nembak yani, mereka pun backstreet karena ga mau ada orang lain tau. Tapi berhubung mereka udah sering bareng gosip pun ada, bahkan ada guru SMA yang mendukung mereka jadian karena keduanya adalah anak yang pintar. Akhirnya mereka pun mengakui hubungan mereka diantara teman, guru, bahkan orang tua.
Orang tua yani hanya berpesan bahwa yani harus pandai jaga diri karena sebagai perempuan ialah yang berisiko hamil diluar nikah dan sekolahnya akan berantakan bahkan dapat diejekoleh semua orang. Hal itu yani katakan” tak mungkin bu aku dan jaya akan saling mendukung sekolah kami dan tidak akan macam-macam”, sang ibu pun lega karena mereka sering belajar bersama di rumah yani.Tibalah giliran study tour dari pihak sekolah , yani dan jaya pun ikut study tour yang diadakan 1 minggu ke luar pulau. Yani pun meminta izin ibunya untuk duduk bersama jaya selama perjalanan. Awalnya sang ibu menolak karena ibunya takut mereka berdua berbuat macam-macam, namun yani dengan santai menyakinkan ibunya bahwa tidak akan ada apa-apa.
Study tour pun di mulai, mereka diantar orang tua masing-masing dan berpamitan masuk ke dalam bis. Sepanjang perjalanan jaya duduk disamping yani sambil tetap bermain bersama teman-teman genknya. Saat perjalanan , terjadi insiden kecelakaan pada bus yang ditumpanginya , yani syok hingga menangis. Jaya pun memeluknya dan menenangkannya. Hal ini membuat teman yang lain mengejek mereka berdua. Tanpa memperdulikan yang lainnya jaya menenangkan yani. Malam harinya mereka bersama dalam bus, tiba-tiba jaya merangkul yani. Yani terkejut namun jaya bilang,”ga papa sayang biar kamu ga jatuh aja”. Tanpa menolak yani pun tidur di bahu jaya dengan dipeluk erat oleh jaya. Kejadian aneh muncul, jaya hendak mencoba mencium yani, namun yani menolak. Yani berkata, “aku tidak akan berciuman selain dengan orang yang akan menjadi suamiku”, namun jaya mampu meyakinkan yani bahwa ia akan selalu bersama yani dan ciuman ini hanya ingin mencobanya sekali saja. Karena rasa sayang yani kepada jaya akhirnya yani mau berciuman dengan jaya.
Sifat tidak puas dan rasa penasaran remaja yang sedang berpacaran memang sulit dibendung apalagi karena pernah melihat hal yang seharusnya belum boleh dilihat. Akhirnya jaya pun meminta hal yang lain kepada yani. Gadis polos ini pun mengikuti mau kekasihnya. Tenang guys, mereka tidak berbuat yang lebih, hanya sebatas french kiss…..Dengan segala upaya yani mencoba membendung segala hasrat dari jaya karena mereka hanya berdua tanpa dilihat siapapun. Akhirnya selama 7 hari study tour mereka selalu french kiss selama perjalanan. Yani sempat mengatakan bahwa ia belum menstruasi , jaya pun sempat berfikir apakah yani hamil? Pikiran buruk pun menghantui mereka berdua… remaja yang polos yang hanya mencoba dan kepo rasanya ciuman yang tidak tau dampaknya.
Setelah study tour yani mengatakan bahwa iya sudah menstruasi, mereka pun lega dan sekolah seperti biasa. Namun karena sudah terlanjur mencoba , remaja yang sama-sama baru merasakan pacaran tetap saja sering berciuman ketika ada kesempatan.Namun tidak cuma sampai disana , rasa kepo terhadap apa yang jaya tonton dan dengar ia coba-coba sering praktikan berdua bersama yani. Walaupun yani terkadang tidak suka namun jaya senang melakukannya. Hal ini seharusnya tidak boleh dilakukan remaja yang sedang sekolah karena nanti ada waktunyauntuk bersikap seperti itu ketika sudah menikah.
Tanpa terasa hubungan mereka putus setelah mereka lulus SMA akibat campur tangan orang tua jaya yang tidak menyetujui jaya berpacaran. Banyak hal yang terjadi pada yani, ia syok karena merasa bodoh percaya pada laki-laki yang tidak bisa mempertahankan hubungan mereka padahal sudah banyak yang yani berikan kepada jaya.
Kenangan akan kejadian itu sering iyasesalkan kenapa iya tidak bisa menjaga dirinya sendiri.Namun terkadang yani bersyukur iya putus dari jaya, dia berpikir kalau bersama dengan jaya terus menerus iya akan semakin lepas kendali dan KTD (Kehamilan tidak diinginkan) pun dapat terjadi.
Guys, sebagai remaja boleh punya rasa kepo dan ingin mencoba sesuatu hal tapi ingat pikirkan masa depan kita sebagai remaja. Jangan terjerumus dalam kondisi yang tidak seharusnya dirasakan ketika remaja. Bekali diri sebanyak mungkin dengan ilmu pengetahuan dan informasi yang benar serta iman yang kuat agar terhindar dari sex bebas, narkoba, rokok, dan hal yain yang berdampak buruk bagi kita semua. Penting guys buat kita agar selalu menjaga diri kita sendiri, karena dampak perbuatan kita yang suka coba-coba bukan hanya kepada kita namun juga pada orang tua bahkan orang lain disekitar kita… Jadi kepo dan coba-coba boleh HANYA untuk hal yang baiknya ya ^_^.

 

penulis: erma pradnyani

editor: Jeje

ilustrasi: google.com

Pin It

Leave a Reply