Yuk Mengenal Lebih Dekat “Dance4life”

dance4life

Halo Anak Muda BALI,
Kamu suka  bernyanyi sambil menari bersama temanmu, untuk bersenang – senang dan bergembira bersama?

Di satu sisi apakah kamu juga remaja yang suka dicurhatin dan sharing informasi pada teman?

Pernahkah  kamu  mendengar dance4life ? atau sekolah kamu  salah satunya mengikuti kegiatan dance4life ?

Lalu, apa hubungan antara menyanyi, menari, curhatan, sharing informasi, dan dance4life? yukk kita mengenal lebih dekat dengan dance4life.

dance4life adalah sebuah inisiatif internasional yang dinamis dan aktif melibatkan remaja. dance4life mendorong remaja menyuarakan suara mereka untuk mengetahui lebih jauh perubahan yang di alami dirinya,  mengetahui HAK yang dimiliki anak muda, penanggulangan HIV dan AIDS, kehamilan tidak diinginkan, kekerasan seksual dan berani mencari layanan  sehingga anak muda tidak  tabu terhadap seksualitas remaja. dance4life melibatkan remaja dengan memberikan pengalaman yang personal, interaktif dan emosional.

Pendekatan  dance4life memadukan “budaya remaja” melalui media, bahasa, ikon, musik dan khususnya tarian. Tarian adalah bahasa universal dan melalui dance4life remaja menari untuk sebuah tujuan yaitu untuk penanggulangan HIV dan AIDS, kekerasan seksual, kehamilan tidak diinginkan dan berani mencari layanan yang dibutuhkan anak muda. Dance4life memperkenalkan ‘4 tahapan’ unik yang diimplementasikan baik di sekolah maupun di komunitas untuk remaja di seluruh dunia. Konsep “4 tahapan” ini digambarkan melalui empat kata yaitu Inspire, Educate, Activate dan Celebrate suatu pendekatan unik untuk menghentikan HIV dan AIDS secara global.

Pada tahun 2015 Dance4life Bali pun terbentuk  dimana ada 3 organisasi yang bergabung yaitu KISARA, AYO UBUD dan PMI KOTA Denpasar.  Di tahun 2017,  dance4life  KISARA  sudah mulai menimplementasikan dance4life di 7 sekolah SMP, SMA/K yang ada di Kota Denpasar. Sekolah yang terlibat diantaranya SMP Negeri 10 Denpasar, SMP Negeri 7 Denpasar, SMPK Harapan Denpasar, SMA Dharma Praja, SMA PGRI 2 Denpasar, SMK Negeri 2 Denpasar, SMA Saraswati 1 Denpasar.  Untuk adik –adik yang sudah di berikan pengetahuan dan  mengikuti ke 4 tahapan dance4life akan menjadi agent4change (agen untuk perubahan ).

Agent4change nantinya diharapkan dapat menjadi pendidik atau konselor sebaya untuk temannya, sehingga informasi yang didapatkan tidak berhenti pada agent4change saja. Remaja yang mengikuti program dance4life dari awal juga diberikan bekal pengetahuan menjadi tempat curhatan yang baik untuk temannya sehingga dapat membantu apabila ada teman yang mendapat permasalahan.

Oleh:

Pasek Ayu Ningsih (Relawan Kisara)

Pin It

Leave a Reply