REMAJA MUDA DALAM KREATIVITAS MENYAMBUT HARI REMAJA

remaja

Ames Laksmi

Relawan Kisara PKBI Bali

KISARA merupakan organisasi di bawah naungan PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Bali yang menggunakan pendampingan sebaya dalam pemberian informasi dan konseling. Anggota dan personelnya disebut dengan relawan. Relawan KISARA pun merupakan para remaja. Sehubungan dengan hari remaja yang jatuh pada 12 Agustus, KISARA mengadakan serangkaiana  cara untuk menyambut International  Youth  Day.

International Youth Day 2015 memiliki tema “we are young people, live in creativity” yang memiliki arti kami remaja muda yang hidup dalam kreativitas, yang mengandung makna bahwa remaja tidak hanya membebankan orang dewasa saja, tetapi remaja juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan kreatif walaupun sederhana, yang bisa bermanfaat dan berdampak positif untuk orang lain.

Sebagai bentuk pengimplementasian tersebut, kami memiliki beberapa kegiatan. Pada 12 Agustus 2015, kami turun ke jalan untuk pembagian pita berwarna hijau dan stiker sebagai simbol remaja untuk memperingati Hari Remaja Se-dunia bersama remaja-remaja lainnya. Kami juga menyelipkan tarian kehidupan, “dance4life” agar lebih dikenal oleh remaja. Rangkaian kedua yaitu lomba film pendek yang ditujukan kepada remaja baik di sekolah maupun universitas sebagai wadah mengembangkan kreativitas yang dimiliki remaja sekaligus ikut merayakan hari remaja internasional di puncak acara.

Setelah melalui proses kepanitiaan lomba film pendek yang cukup menantang, akhirnya ada 15 peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba film pendek ini. 15 film tersebut akan disaring melalui penjurian untuk menentukan 6 nominasi yang nantinya akan ditampilkan pada puncak acara.

Puncak acara pada 21 Agustus 2015 bertempat di Panggung sebelah Selatan Lapangan Puputan Badung berjalan cukup sukses. Acara dibuka dengan sambutan dari Ari Dewiyanti, selaku koordinator proyek KISARA. Kemudian ada pengenalan dance4life mengajak penonton untuk ng-drill bareng. Selain 6 nominasi lomba film pendek dari KISARA, ada 5 film jalan remaja dari Kampung Halaman yang ditampilkan. Salah satunya adalah “Lentera Untuk Dria Rabha”,  hasil karya dari KISARA. Pengisi acara yang membantu suksesnya acara adalah Kimora, dari Gaya Dewata, PARAMPAA dan tentu saja guest star dari Pigmy Marmoset.

Setelah mengajak para penonton untuk menikmati 6 nominasi film pendek dari peserta lomba, akhirnya ada 4 kategori pemenang lomba film pendek yaitu, Juara I “Hancur” dari SMAN 1 Kuta Utara, Juara II “Berawal dari Pesan Singkat” dari SMAN 5 Denpasar, Juara III “Boneka” dari SMAN 1 Tabanan, dan Juara Favorit  berdasarkan hasil voting terbanyak adalah “Save Our Children” dari Politeknik Kesehatan Denpasar.

Editor: I Gusti Ngurah Edi Putra

Pin It

Leave a Reply