PERKAWINAN BUKAN PERMAINAN ; BANTU MENJADI REMAJA YANG BERTANGGUNG JAWAB

1452300102540

Putu Noni Shintyadita

Relawan Kisara PKBI Bali

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia, KISARA PKBI Bali mengadakan seminar pada Sabtu, 19 Desember 2015 yang mengambil topik Perkawinan Bukan Permainan dengan narasumber Prof. Dr. dr I Nyoman Mangku Karmaya, M.Repro, PA (K) dan dr. I Gusti Ngurah Pramesemara, S.Ked, M.Biomed. dengan dimoderatori oleh Ita Distriana S.KM. Seminar berlangsung pukul 10.00 – 13.00 WITA dengan dihadiri oleh 75 orang remaja yang tersebar di beberapa daerah di Bali.

Materi pertama mengenai pendewasaan usia perkawinan dan hak seksual reproduksi yang dibawakan oleh Prof. Dr. dr I Nyoman Mangku Karmaya, M.Repro, PA (K) lalu materi kedua mengenai pacaran sehat dan kehamilan tidak direncanakan dibawakan oleh dr. I Gusti Ngurah Pramesemara, S.Ked, M.Biomed. Kesimpulan dari kedua materi tersebut adalah bagaimana membentuk remaja yang sehat dan bertanggung jawab atas segala pilihannya serta remaja yang cerdas dalam memilih dan memilah pilihan yang berisiko.

Antusiasme para peserta yang hadir dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri. Selain penyampaian materi, diadakan pula lomba photo booth terunik dan  penanya terbaik. Adi, salah satu peserta seminar mengatakan bahwa “remaja merupakan tombak masa depan bangsa, dimulai dari remaja untuk remaja dan oleh remaja nantinya maka dari itu perlu adanya dan ditingkatkannya pemahaman mengenai perilaku beresiko pada remaja serta pembentukan karakter remaja yang sehat dan bertanggung jawab”. Seminar ditutup dengan menyerahkan plakat kepada para pembicara dan moderator oleh ketua panitia yaitu Pasek Ayuningsih serta pemberian hadian dan door prize kepada para pemenang lomba photo booth ter-unik, penanya terbaik dan pemenang games.

Editor: I Gusti Ngurah Edi Putra

Pin It

Leave a Reply