Peringatan Hari AIDS Sedunia 2012 KISARA

“Lindungi Perempuan dan Anak dari Bahaya HIV dan AIDS”, adalah tema yang ditetapkan untuk peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2012. Tema ini juga digunakan oleh KISARA untuk memperingati HAS yang jatuh tepat di tanggal 1 Desember 2012. Peringatan HAS memang menjadi agenda rutin dari remaja-remaja yang ada di KISARA. Untuk tahun ini KISARA menyelenggarakan kampanye sebagai bentuk peringatan di Hari AIDS Sedunia tahun 2012 ini.

Kata kampanye pasti sering kita dengar bukan?, apa lagi kalau sudah mendekati masa-masa pemilihan umum. Kali ini KISARA menggunakan media Mural untuk memberikan informasi seputar HIV dan AIDS kepada masyarakat. Peserta kampanye dengan mural ini diikuti oleh puluhan remaja dari berbagai sekolah yang ada di seputaran kota Denpasar. Peserta dibagai dalam 8 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 7-8 orang. Mural ini dikemas dengan permainan yang membutuhkan pengetahuan dasar mengenai HIV dan AIDS. Peserta harus bisa menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh panitia agar dapat mengambil perlengkapan penunjang untuk menyelesaikan mural yang akan digunakan sebagai media kampanye.

Suasana semakin seru ketika waktu 180 menit yang diberikan panitia akan segera habis. Para peserta saling mempercantik warna di gambar mural mereka agar menarik minat masyarakat yang ada di sekitar area kampanye untuk datang sebanyak-banyaknya.

Waktu pewarnaan gambar mural usai, para peserta wajib berkampanye sembari menjelaskan kepada masyarakat yang datang arti dan makna dari mural yang telah mereka selesaikan. Panitia menyediakan 100 kertas suara yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk memberikan penilaian kepada gambar yang menurut mereka paling bagus dan dengan penyampaian informasi yang mudah dimengerti. Kelompok pemenang adalah kelompok yang memiliki nilai tertinggi dari total jumlah kertas suara, nilai pada saat menjawab tantangan, dan cara penyampaian informasi kepada masyarakat.

Dari 8 kelompok yang terdiri dari A1, A2, A3, A4, D1, D2, D3, dan D4, juara 1 dimenangkan oleh kelompok A4, juara 2 dimenangkan oleh kelompok A2, dan juara 3 dimenangkan oleh kelompok A1.

Pin It

2 thoughts on “Peringatan Hari AIDS Sedunia 2012 KISARA

Leave a Reply