LOMBA FILM PENDEK : Wadah Kreativitas Remaja

 

Lomba Film pendek adalah lomba tahunan yang diselenggarakan KISARA sejak tahun 2012. Tahun ini, lomba film pendek dirangkaikan dengan perayaan International Youth Day 2014 KISARA PKBI Bali. Lomba yang dibukan untuk  pelajar dan umum yang usianya dari 10 – 24 tahun. Lomba ini diselenggarakan sejak 15 Juni 2014 hingga 17 Agustus 2014. Serupa dengan lomba film pendek KISARA sebelumnya, lomba kali ini bertujuan mengapresiasi kreatifitas remaja yang dituangkan dalam bentuk film pendek yang nantinya akan menjadi media edukasi untuk remaja lainnya. Jadi film pendek ini dari remaja, oleh remaja, dan untuk remaja.

Lima tema ditetapkan sebagai kriteria lomba film pendek ini, diantaranya: Tema 1 Remaja dengan KTD, Tema 2 Remaja dan HIV AIDS, Tema 3 Remaja dan Penyalahgunaan NAPZA, Tema 4 Remaja LGBT, dan Tema 5 Layanan Kesehatan yang Ramah Remaja. Antusias peserta lomba di tahun ini terbilang cukup tinggi, terbukti dari banyaknya remaja yang menghubungi panitia untuk mengkonfirmasi terkait lomba ini. Empat belas film pendek tercatat dan terdaftar sebagai peserta Lomba Film Pendek KISARA 2014. Namun 4 film pendek harus KISARA diskualifikasi dikarenakan keterlambatan pengumpulan karya dan kriteria lomba yang tidak dipenuhi, sehingga total 10 film pendek resmi berkompetisi di ajang yang keren ini.

Tidak hanya film pendeknya saja yang luar biasa, tetapi juga juri lomba film pendek KISARA kali ini. Ada 3 juri yang dipilih oleh KISARA sesuai dengan kemampuan dan keahliannya. Juri terdiri dari dokter, film maker, dan remaja multi talenta. Juri tersebut adalah dokter Oka Negara, Nyoman Amboni Askatriada, dan Luh Putu Ari Dewiyanti (profil juri bisa dilihat di YouTube: KISARA BALI). Ketiga juri tersebut beradu skor, argumen dan alasan untuk menentukan 6 besar film pendek terbaik dan diantara keenam itu dipilih secara tertutup juara 1, 2, 3 yang akan diumumkan pada BIOSKOP REMAJA KISARA.

Pemenang lomba film

Keenam besar film pendek terbaik tersebut adalah film pendek dengan judul :

1. SATYA MENCITRA | SB STUDIO BALI

2, INI PILIHANKU | H – 1 PRODUCTION KOS

3. GRIT | MADYAPADMA

4. BDBH (DIFFRENTLY TO CHANGE) | BDBH FILM

5. PELANGI BULAN JUNI | BALIWOOD CINEMA FILM

6. TAK SELALU PINK | ESCAPE FOURSMA

Semua film tersebut diputar dalam acara BIOSKOP REMAJA KISARA yang juga merupakan serangkaian acara IYD 2014 KISARA PKBI Bali. Dari keenam film yang masuk ke meja juri, akhirnya terpilih jawarah-jawarahnya yang akan mendapatkan piala, uang tunai, sertifikat dan education goodie bag serta yang paling penting, film pendek mereka akan dipergunakan untuk mengedukasi remaja lainnya di berbagai kegiatan KISARA.

Nah, berikut nama pemenang-pemenangnya. Bisa juga diklik linknya buat tahu gimana filmnya. Yuk simak!

Juara 1: TAK SELALU PINK | ESCAPE FOURSMA

Juara 2: SATYA MECITRA | SB STUDIO BALI

Juara 3: BDBH Diffrently to Change | BDBH FILM

Juara Favorit: PELANGI BULAN JUNI | BALIWOOD CINEMA FILM

Pin It

One thought on “LOMBA FILM PENDEK : Wadah Kreativitas Remaja

Leave a Reply