Lomba Cerdas Cermat KISARA Tingkat SMP Se-Bali 2011

Pada tanggal 15 April 2011 bertempat di Wantilan DPRD Bali (Renon), Kisara menyelenggarakan lomba cerdas cermat sebagai salah satu rangkaian dari acara HUT Kisara yang ke-17 pada tanggal 14 Mei 2011 nanti. Lomba cerdas cermat yang diselenggarakan kali ini tentunya masih tetap seputaran kesehatan reproduksi dan permasalahan remaja. Persiapan lomba dimulai dari dibukanya pendaftaran dari tanggal 20 Maret-2 April 2011 dan total tim yang mendaftar adalah sebanyak 12 tim yang berasal dari seluruh SMP se-Bali. Seluruh tim yang telah mendaftar tersebut kemudian diundang pada tanggal 9 April 2011 untuk menghadiri Technical Meeting guna menjelaskan teknis perlombaan lebih lanjut. Sekolah yang mengirimkan timnya untuk mengikuti lomba cerdas cermat ini antara lain SMPN 1 Semarapura, SMPN 1 Ubud, SMPN 2 Denpasar, SMPN 9 Denpasar, SMPN 4 Denpasar, SMP Santo Yoseph Denpasar, SMPN 1 Denpasar, SMPN 6 Denpasar, dan SMPN 10 Denpasar. Selain mengikuti lomba cerdas cermat, Kisara juga mengundang tiap sekolah untuk mengikuti lomba yel sebelum perlombaan cerdas cermat dimulai yang bertujuan untuk memberi dukungan pada tim sekolahnya sekaligus memperebutkan hadiah menarik yang telah disiapkan.

Ada 3 orang juri yang mengatur jalannya lomba cerdas cermat Kisara kali ini yaitu dr.Pram, dr.Ita, dan Dea Kumala. Ketiga juri tersebut menilai seluruh peserta di seluruh babak, dimulai dari babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Pada babak penyisihan seluruh tim harus bertanding guna memperebutkan posisi 6 besar agar bisa masuk ke babak semifinal dengan menjawab soal wajib dan soal rebutan yang telah disiapkan oleh tim juri. Dan pada babak semifinal, hanya dicari 3 tim dengan nilai tertinggi untuk dapat melangkah ke babak final. Dan akhirnya ketiga tim yang berhasil lolos ke babak final adalah SMPN 1 Semarapura, SMPN 6 Denpasar, dan SMPN 10 Denpasar. Pada babak penyisihan dan babak semifinal, tim juri menyiapkan soal wajib dan soal rebutan yang harus diselesaikan oleh seluruh peserta, namun pada babak final soal yang diberikan oleh juri sedikit unik karena selain ada soal rebutan ternyata ada pula soal presentasi yang harus diselesaikan oleh 3 tim yang telah lolos ke babak final tersebut. Lomba berjalan cukup seru terutama pada saat peserta harus mengerjakan soal presentasi karena pada sesi ini juri akan menilai seberapa jauh peserta mampu menjelaskan pertanyaan yang diberikan oleh juri karena penilaian sangat ditentukan oleh kelengkapan dan ketepatan peserta dalam menjawab soal yang dilontarkan juri.

Setelah melalui persaingan yang cukup ketat, akhirnya terpilihlah tim SMPN 10 Denpasar sebagai Juara I, tim SMPN 1 Semarapura sebagai Juara II, dan tim SMPN 6 Denpasar sebagai Juara III. Masing-masing tim memperoleh hadiah berupa uang pembinaan dan sertifikat yang diserahkan langsung oleh koordinator Kisara, perwakilan juri, dan ketua panitia. Dan tidak lupa diumumkan pula pemenang lomba yel yang jatuh pada SMPN 1 Semarapura. Lomba cerdas cermat pun diakhiri dengan foto-foto bersama seluruh pemenang lomba. Diharapkan dengan diadakan lomba cerdas cermat kali ini, semakin banyak remaja yang paham akan kesehatan reproduksi dan dapat membagi informasi yang mereka miliki serta dapat menjadi ajang bagi para remaja untuk mengasah pengetahuan mereka tentang kesehatan reproduksi. (Ratna)

Viva Youth! Viva Kisara

Pin It

3 thoughts on “Lomba Cerdas Cermat KISARA Tingkat SMP Se-Bali 2011

Leave a Reply