International Youth Day 2016 : Partisipasi Aktif Remaja Terhadap Isu Remaja

20160829_080050

Berdasarkan keputusan PBB, International Youth Day diperingati pada tanggal 12 Agustus tiap tahunnya. Kali ini, KISARA PKBI Bali yang merupakan tempat berkumpulnya para remaja kreatif dibawah naungan PKBI Bali, mengadakan perayaan Hari Remaja Internasional dengan mengusung tema “I’M PREGNANT ; I’M PREcious GeNeratioN”. Dalam rangkaian penyambutan International Youth Day 2016  ini, Kisara selalu menyelenggarakan Lomba Film Pendek untuk umum. Khusus tahun ini untuk pertama kalinya Kisara mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa-siswi SMA-Sederajat Se-Provinsi Bali.

Puncak perayaan International Youth Day diselenggarakan tanggal 13 Agustus 2016, di Taman Kota Lumintang, Denpasar. Dibuka secara simbolis oleh  Bapak I Ketut Sukanata, S.H,  selaku Direktur Eksekutif PKBI Bali, Pukul 17.00. Perayaan yang diketuai oleh Ni Made Rina Rastuti ini diawali dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian stiker kepada pengunjung Taman Kota dan Undangan. Kemudian  dilanjutkan dengan Drill Dance4Life dengan insturuktur dari Pantitia IYD 2016. Pengunjung serta undangan turut ikut serta dalam kegiatan ini dengan antusias dan semangat. Dance4Life sendiri merupakan  dance yang ditujukan untuk seluruh masyarakat khususnya ODHA (Orang Dengan HIV&AIDS) sebagai media untuk melawan penyebaran HIV&AIDS serta deskriminasi terhadap ODHA.

Menjelang malam, pukul 19.00 pengunjung dihibur oleh penampilan Acoustic dari Summer In Vegas Band. Pengunjung yang semakin banyak berdatangan membuat suasana menjadi lebih meriah. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran 6 film pendek yang telah melewati proses penjurian. Dengan diselingi beberapa hiburan yang tentunya sangat menarik perhatian. Diantaranya penampilan dari Yayasan Pelangi Muda Dewata yang membuat para penonton tertawa dengan riang karena penampilannya. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari musisi Robi Navicula yang membawakan 3 buah lagu ciptaannya. Lagu-lagu bertemakan remaja yang memotivasi remaja untuk mencapai masa depan bangsa yang cerah.

Setelah pemutaran film pendek terakhir, panitia membagikan notes voting untuk menentukan juara favorit film pendek Kisara 2016. Pukul 21.45 panitia menyiapkan segmen 1000 lilin untuk Yuyun, sebagai bentuk duka cita atas musibah yang menimpa remaja 14 tahun ini. Pengunjung membawa sebuah lilin dan memanjatkan doa bersama diiringi lantunan puisi yang mengetuk dalam hati setiap inividu yang berada di tempat tersebut. Mengingatkan tragedi yang telah terjadi pada sahabat kita, Yuyun. Linangan air mata tak sanggup terbendung ketika angin malam ikut menyapa bersama cahaya lilin yang gemerlap.

Puncak acara, diisi dengan penyerahan piala dan piagam kepada pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah, yang sebelumnya telah melakukan presentasi pada 12 Agustus 2016 dan Juara Lomba Film Pendek Kisara 2016 secara simbolis dihadapan para undangan dan pengunjung. Lomba karya tulis ilmiah ini dimenangkan oleh SMAN 4 Denpasar sebagai juara 1, SMK Bali Mandara sebagai juara 2, dan SMA N 7 Denpasar sebagai juara 3. Sedangkan dalam lomba film pendek, Juara 1 diraih oleh ISI Denpasar, juara 2  oleh SMAN 1 Gianyar, dan juara 3 diraih oleh POLTEKKES Denpasar.

Perayaan International Youth Day diakhiri oleh penampilan spesial dari guest star Dewa Sugama dengan mebawakan beberapa lagu miliknya. Ditutup oleh sesi foto bersama seluruh panitia dan guest star pengisi acara, perayaan International Youth Day 2016 sukses diadakan. Selamat Hari Remaja Internasional untuk seluruh remaja di dunia! Viva Youth, Viva Kisara!

Pin It

Leave a Reply