“Ending AIDS Together” : KISARA at Malam Renungan AIDS Nusantara Provinsi Bali

mran

Hai Sahabat KISARA, seperti yang kita ketahui AIDS merupakan salah satu penyakit menular seksual yang kita kenal hingga saat ini belum ada obatnya dan berbagai program pemerintah juga sangat gencar dilakukan untuk mencegah penularan HIV, agar generasi muda lebih produktif. Kampanye terkait AIDS juga dirayakan secara internasional, yang kita kenal sebagai World AIDS Day (WAD) dirayakan pada 1 Desember setiap tahunnya. Namun, jauh sebelum itu, adapun perayaan terkait AIDS lainnya bernama MRAN (Malam Renungan AIDS Nasional) yang bertujuan untuk memberikan dukungan terhadap ODHA agar kualitas hidup terus meningkat, mendoakan ODHA yg sudah meninggal dunia, menurunkan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA, menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat akan ancaman bahaya HIV dan AIDS di sekelilingnya.

Perayaan MRAN di Bali diselenggarakan oleh KPA Provinsi Bali dan mengundang KISARA PKBI Bali sebagai salah satu mitra kerja KPA. Kegiatan MRAN tahun ini dilakukan pada 19 Mei 2017 dengan tema Ending AIDS Together di monumen perjuangan Bajra Sandhi renon, Denpasar. Kegiatan diawali dengan doa bersama, acara dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia (Asisten III Perekonomian Setda Prov Bali). Dalam laporan yang diberikan oleh ketua panitia membahas tentang issue pencegahan AIDS yang semakin tenggelam oleh issue politik, radikalisme, korupsi maupun narkoba. Pada laporannya ketua panitia membahas betapa pentingnya pencegahan AIDS tersebut, oleh karena AIDS belum ada vaksin dan obat penyembuhnya, serta diagnosis AIDS pun perlu waktu tahunan. Dampak yang ditimbulkan AIDS tidak hanya mempengaruhi fisik tapi juga psikis dan sosial ekonomi penderita.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Gubernur Bali/perwakilan. Sambutan yang disampaikan bertopik tentang cara pencegahan AIDS di masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuat stiga negatif pada ODHA. Acara inti kegiatan ini adalah  penyalaan lilin oleh Gubernur Bali, yang serempak diikuti oleh seluruh peserta dengan iringan lagu lilin – lilin kecil dan musikalisasi puisi oleh SMK Negeri 3 Denpasar.

Dalam kegiatan MRAN ini relawan KISARA yang hadir tidak hanya berpartisipasi sebagai tamu dalam acara tetapi juga ikut aktif membantu panitia mulai dari membantu kegaiatan pendaftaran/registrasi tamu yang datang dalam rangkaian acara, membagikan konsumsi untuk tamu, membantu saat kegiatan penyalaan lilin bersama. Kegiatan berakhir pukul 20.00 Wita dengan tertib, aman dan lancar.

Pin It

Leave a Reply