DANCE4LIFE : TEKNIK BARU SOSIALISASI PENCEGAHAN HIV&AIDS PADA REMAJA

1452300148376

Pada hari Sabtu, 5 Desember 2015 pukul 16.00 WITA bertempat di Taman Kota Denpasar,  Lumintang, telah diadakan Celebrate Dance4Life oleh KISARA PKBI Bali, Ayo Ubud dan PMI Kota Denpasar. Acara ini dihadiri oleh total empat belas sekolah dari kabupaten Badung, Gianyar dan kota Denpasar serta dihadiri oleh para tamu undangan dari KPA Kota Denpasar, KPA Gianyar, Dinas Kesehatan Kota Denpasar dan Provinsi, Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Denpasar dan Gianyar serta masyarakat umum yang datang serta mengikuti Celebrate Dance4Life. Rangkaian acara yang diadakan antara lain penampilan drill dance4life dari empat belas sekolah yang tergabung pada daerah Denpasar, Badung dan Gianyar dilanjutkan dengan penampilan oleh Andi Finger Style, drama agents4changes oleh PMI Kota Denpasar, musikalisasi puisi oleh agents4changes oleh Ayo Ubud dan penampilan dari Nostress sebagai bintang tamu pada Celebrate Dance4Life kali ini.

1452300176725

Celebrate Dance4Life merupakan suatu perayaan dalam capaian remaja setelah melewati ketiga tahap sebelumnya. Puncak acara dengan pementasan seni, musik dan tarian kolosal dance4life oleh agent4change dilaksanakan menjelang peringatan hari AIDS sedunia. Moment perayaan ini untuk memperkuat komitmen remaja sebagai agen perubahan dan menghubungkan mereka dengan remaja di negara-negara lain yang melaksanakan program dance4life. Program dance4life di sekolah atau school4life adalah suatu cara yang unik, sederhana dan kongkrit untuk menarik keterlibatan remaja di sekolah. Dengan “4 tahap” inspire, educate, activate dan celebrate dance4life melibatkan remaja di seluruh dunia dengan memberikan pengalaman, keterampilan dan informasi terkait dengan HIV AIDS dan permasalahan remaja lainnya.

Dengan menggabungkan pengalaman positif, dance4life mendorong remaja berpartisipasi dan mengambil peran untuk melawan pandemik ini. sebelumnya terdapat beberapa tahapan seperti Inspire: Heart Connection Tour, bertujuan untuk memotivasi remaja  berperan aktif dalam penanggulangan HIV, kehamilan tidak diinginkan, dan kekerasan seksual, Educate: Skill4life dimana remaja mengikuti serangkaian workshop interaktif bertema pengembangan diri, pengetahuan dasar mengenai HIV, kehamilan tidak diinginkan, dan kekerasan seksual. Activate: Act4life dimana remaja menyampaikan pesan dan informasi mengenai HIV dan AIDS, kehamilan tidak diinginkan, dan kekerasan seksualkepada teman sebaya, keluarga dan lingkungan, menjadi relawan peduli AIDS, menggalang dana, melakukan advokasi dan melakukan berbagai aktivitas penanggulangan HIV, kehamilan tidak diinginkan, dan kekerasan seksual di sekolah maupun di masyarakat dan terkahir Advokasi, meaningful youth partcipation, communication dan branding yang menjadi bagian terintegrasi dalam konsep d4l yang merupakan bagian dari “4 tahapan” diatas, selain itu advokasi juga dapat dilakukan sebagai kegiatan paralel. Sebagai tambahan, penekanan yang kuat dengan menyertakan meaningful youth participation (myp) ketika merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program dan didalam komunikasi dan branding program d4l.

Pin It

Leave a Reply