Aksi Turun Ke Jalan Dan Nonton Bareng JR1208 KISARA BALI

Hari Remaja Internasional? Internasional Youth Day? mungkin kata-kata itu masih asing di dengar oleh beberapa remaja, tapi berbeda halnya dengan komunitas-komunitas remaja seperti KISARA. Kita Sayang Remaja (KISARA) Bali adalah organisasi atau LSM yang bergerak dalam bidang remaja. KISARA merupakan program remaja dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Bali. KISARA sudah 17 tahun berdiri dan selalu memperingati Hari Remaja Internasional yang tentunya merupakan agenda wajib dilaksanakan. Untuk Hari Remaja Internasional tahun 2011, KISARA memiliki beberapa agenda kegiatan, salah satunya adalah aksi turun ke jalan menyerukan Hari Remaja Internasional sembari bagi-bagi stiker dan pita hijau kepada seluruh warga di beberapa titik keramaian di kota denpasar. Tapi tidak lama setelah perencanaan kegiatan tersebut, KISARA menerima e-mail dari Jalan Remaja 1208. Pada e-mail dilampirkan TOR dan SOP tentang Jalan Remaja 1208. Tentu saja para relawan KISARA sungguh menyambut baik tawaran kerjasama yang disampaikan oleh Jalan Remaja 1208. Namun sayang, KISARA tidak bisa menjadi penyelenggara kompetisi film remaja karena waktu yang diberikan untuk menjadi penyelenggara kompetisi film remaja sudah tidak memungkinkan lagi, tapi KISARA tidak kecewa 100 persen, karena KISARA masih bisa menjadi Mitra Pemutaran Film JR1208. Tanpa pikir panjang KISARA membentuk panitia kecil untuk mengkoordinir kegiatan ini. Akhirnya panitia memutuskan untuk menyelenggarakan 2 kegiatan dalam rangka Hari Remaja Internasional tahun ini. Panitia segera bergerak cepat untuk membuat publikasi dan mengirim undangan ke sejumlah SMP, SMA, Universitas, dan LSM-LSM sahabat KISARA yang ada di Bali. Setelah seluruh undangan disebar, panitia mulai mempersiapkan segala keperluan untuk kegiatan tersebut. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Komunitas Mahasiswa Peduli AIDS Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (KMPA FK UNUD) yang juga merupakan salah satu sahabat KISARA. Sebelumnya KISARA kebingungan untuk masalah tempat, khususnya tempat untuk nonton bareng, karena banyaknya jumlah peserta yang telah konfirmasi akan hadir dalam kegiatan ini. Namun pada akhirnya KISARA memutuskan untuk menggunakan ruang theater Fakultas Kedokteran Universitas Udayana karena ruangan ini memiliki kapasitas lebih dari 100 orang, dan juga tempatnya sangat nyaman untuk pemutaran film.

Tanggal 12 Agustus 2011, tepat pukul 14.00 wita, para remaja yang berasal dari SMP, SMA, Mahasiswa, dan Umum hadir dan berkumpul di depan gedung fakultas kedokteran universitas udayana. Seperti yang telah direncanakan sebelumnya, dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional, KISARA menyelenggarakan 2 acara, yaitu aksi turun ke jalan dan nonton bareng film JR1208. Acara pertama adalah aksi turun ke jalan di beberapa titik keramain di pusat kota denpasar. Peserta yang terdiri dari 182 orang remaja di bagi menjadi beberapa kelompok untuk membagikan pita dan stiker.

Setelah aksi turun ke jalan, para peserta kembali ke gedung fakultas kedokteran dan menikmati kudapan yang telah dipersiapkan oleh panitia.Tepat pukul 16.00 wita, peserta memasuki ruang thetar fakultas kedokteran universitas udayana untuk melanjutkan acara berikutnya yaitu nonton bareng film Jalan Remaja 1208. Acara dipandu oleh 2 MC yang memandu pemutaran film kompilasi JR1208 ini dari awal hingga akhir acara. Film pun mulai diputar, film pertama dengan judul MCDK sudah membuat para penonton tertawa cekikikan, begitu pula film-film selanjutnya. Namun sayang sekali, karena keterbatasan waktu, film yang diputar hanya 14 film saja. Setelah film usai, MC meminta beberapa testimoni dari beberapa penonton mengenai film tersebut. Mereka sangat salut dengan kreatifitas remaja dalam membuat film, terlebih lagi ada peserta dari Bali yang ikut menjadi peserta dan salah satunya yaitu Tim Menek Kelih Production memenangkan salah kategori Tim Produksi Terbaik 2011. Selain itu hadir juga dokter Made Oka Negara yang juga sebagai salah satu pendiri program Kita Sayang Remaja. Dokter Oka menyampaikan pesan kepada remaja bahwa “segala sesuatu butuh proses tidak semerta merta di dapatkan secara Instant”.

Acara ditutup dengan hiburan lipsing dari Yayasan GAYa Dewata (yayasan yang peduli terhadap HIV dan AIDS yang berkonsetrasi pada kaum waria, gay, dan LSL). Penampilan mereka sangat disambut riuh dan meriah oleh para penonton. Sangat seru dan meriah acara pada hari itu hingga tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 20.00 wita, para peserta meninggalkan ruangan dan kembali ke tempat masing-masing. (dodok)

KISARA berharap kegiatan ini menjadi motivasi untuk seluruh remaja di seluruh Indonesia. Selamat Hari Remaja Internasional 2011. 

Terima Kasih Kepada: Jalan Remaja 1208, KMPA FK UNUD, Yayasan GAYa Dewata, dan seluruh peserta kegiatan KISARA.

Pin It

2 thoughts on “Aksi Turun Ke Jalan Dan Nonton Bareng JR1208 KISARA BALI

Leave a Reply